Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Belajar Sambil Piknik Bareng BaBe Di Ubud Cottages Malang




sumber gambar: http://endrita.id/ngobrol-bareng-babe/
Oleh :Nur ma’rifatul jannah
BaBe, apa sih yang kalian ketahui tentang BaBe? Sebelumnya perkenalan dulu ya sama si BaBe.
Jadi gini, BaBe merupakan singkatan dari Baca Berita, yaitu sebuah aplikasi yang disediakan untuk Smartphone Android. Kita bisa membaca berita kapanpun di manapun dengan cukup  mendownload aplikasi BaBe di Playstore. Banyak kategori berita yang tersedia di aplikasi BaBe ini, seperti gaya hidup, kesehatan, hiburan dan lain-lain.
Kamis, 21 Desember 2017 BaBe mengadakan acara Kumpul Penulis Malang, ngobrol bareng BABE yang bertempat di Ubud Cottage Malang. Ada dua pemateri dari Babe yang mengisi acara tersebut, namanya mbak Farah dan mbak Annisa. Penyampaiannya asyik, seru dan ga membosankan. Di sela-sela materi yang disampaikan, sesekali mereka mengadakan Door Prize berupa pertanyaan-pertanyaan yang berhadiah uang tunai sebesar 50ribu. Hal tersebut mendapat respon dari audien yang begitu antusias. Termasuk saya. Sebenarnya saya sudah mengangkat tangan berkali-kali. Dengan yakin bisa jawab pertanyaan yang diajukan. Tapi sayangnya keberuntungan sepertinya sedang tidak bersahabat dengan saya kala itu. ya sudah.
Di BaBe ini, kita bisa menjadi kontributor menulis artikel untuk dimuat. Tema-tema yang disediakan pun bisa kita pilih sesuai passion masing-masing. Berikut ini 6 tema yang paling banyak peminatnya di BaBe di antaranya.
  • Kesehatan
Dalam tema ini kita dapat menulis tentang obat-obatan tradisional berbahan herbal, seperti rempah-rempah, bumbu dapur. Atau tentang tips kecantikan yang dibuat dari bahan-bahan alami dan bisa dibuat sendiri di rumah. Tentang makanan-makanan berbahan dasar alami juga bisa. Intinya segala yang masih terkait dengan kesehatan.   
  •  Keislaman
Tema ini mengangkat hal hal yang tentunya berkaitan dengan agama islam. Tidak perlu hal yang berat-berat, yang sederhana dan simple saja tapi tetap bermakna. Seperti sedekah kecil saja pahala yang kita dapatkan berlipat ganda. Sedekah pun tidak harus berupa uang saja. Jangan lupa disertai dengan sumber yang jelas, mengambil dari qur’an dan hadis. Bahasanya ringan, sifatnya tidak menggurui.
  • Unik
Biasanya mencakup tulisan terkait hal-hal aneh, unik dan viral. Misalnya saja bisa mengangkat sebuah tradisi suatu daerah, seperti buka luwur di Kudus. Buka luwur merupakan ritual penggantian kain kelambu warna putih yang menutupi makam. Kain itulah yang disebut luwur. Nah, hal semacam itu bisa dikategorikan unik. 
  •  Hiburan
Kategori ini biasanya diisi dengan hal-hal seputar gosip selebritis. Dunia entertainment di indonesia khususnya. Ada dua macam tulisan yakni hot topik dan timeless. Kalau hot topik, terkait info-info terkini kehidupan artis-artis yang sedang viral seperti gosip tentang keluarnya aliando dari sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta. Kalau timeless, mengulas kembali yang sudah pernah ada, seperti menceritakan kembali tentang sosok Julia peres dulu semasa hidupnya dia termasuk anak yang berbakti kepada orang tuanya dan lain sebagainya.
  • Humor
Kategori ini tentunya berisi tentang hal-hal yang lucu. Biasanya berupa meme yang sedang viral, seperti kisah kasih setya novanto dan tiang listrik. Jadi bisa dikemas menjadi hal yang menarik dan bikin lucu. 
  •  Seks
Kategori ini mencakup  tentang kehidupan seks, tapi yang tidak vulgar. Bahasanya diusakan dikemas sesopan mungkin. Menggunakan diksi yang tidak terang-terangan. Pemilihan diksinya lebih diperhalus.

Nah, itulah konten tulisan yang disediakan oleh BaBe bagi para penulis yang ingin turut berkontribusi mengirimkan tulisannya sesuai dengan konten-konten yang sudah disediakan tersebut. Jadi siapapun bisa menulis dan memilih sesuai passion masing-masing. Untuk setiap kontributor bisa mendapat fee sebesar 50ribu perartikel dan bisa lebih atau mendapat bonus  tergantung dengan jumlah viewernya. 

Hal -hal yang mungkin terkesan sepele tapi sangat perlu dihati-hati ketika menulis di BaBe;
  • Judul jangan terlalu datar atau biasa-biasa saja, kemas semenarik mungkin sehingga mampu menarik perhatian pembaca.
  • Susunan artikel harus rapi dan aman. Hindari banyak kesalahan ketik. Cek kembali sebelum dikirim ke BaBe.
  • Mengandung unsur pasti, 5W+1H. 
  • Gunakan Bold dan Italic, guna memudahkan pembaca dalam memahami inti dari artikel yang kita tulis. 
  • Ringkas dan padat. Jangan terlalu panjang. Karena bisa membuat pembaca cepat bosan dan akhirnya hanya scroll tanpa membaca keseluruhan sehingga tidak memahami isinya.
  • Maximal 6 paragraf, setiap paragraf sekitar 4-5 kalimat. 
  • Sumber lansiran tulisan. Bisa dari buku, kitab, qur’an, hadis, web luar negeri, sosial media (FB, Instagram, Youtube) dan lain sebagainya. 
  • Menyisipkan gambar yang sesuai standar. Ukurannya 550 untuk landscape, 350 untuk potrait. Jangan lupa sertakan  sumber gambar.
Nah itulah beberapa syarat wajib yang ditetapkan oleh pihak BaBe dalam menulis artikel. Sudahkah anda berminat nulis di BaBe???
Seusai penyampaian berbagai materi tersebut, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan yang bertanya dapat kaos BABE. Tapi saya pun juga tidak dapat hahaha...
Sambil menunggu makan siang siap disajikan, acara diisi dengan sesi foto bersama di depan. Setelah itu pembagian Goodie bag, di setiap meja peserta. Masih dengan situasi sambil menunggu, kami pun mengobrol santai dengan rekan semeja. Ada lima orang, namanya Bu Rina, Mbak Niken, Mas Azhar, Mas Daffa, saya dan Mbak Shofi. Mereka semua ramah-ramah, saya senang bisa bertemu dengan orang-orang hebat seperti mereka. Kami saling bertukar cerita tentang banyak hal.
Makan siang pun siap disajikan. Kami semua  mengantri untuk mengambil makanan masing-masing. Ketika makan siang tersebut saya pun bergabung dengan peserta yang lainnya. Fanda, Zida dan Barid. Teman baru juga, kecuali Fanda sudah kenal beberapa bulan sebelumnya. Kami pun berkenalan,kemudian sambil mengobrol santai. Kebetulan mereka juga semester 7 dari kampus UM. Setelah makan, kami jalan-jalan di sekitar area hotel dan villa tersebut. Menikmati lokasinya yang nyaman dan asri, nuansa khas Bali. Kami mengabadikan momen itu dengan berfoto bersama. Setelah beberapa lama kami pun pulang, karena waktu juga sudah menunjukkan waktu dhuhur. Saya bersyukur bisa bertemu dan berteman dengan mereka semua.
Saya meyakini akan selalu ada hal baru di setiap pertemuan dengan orang-orang baru; teman baru, tempat baru, pengalaman baru, wawasan baru, situasi baru, semangat baru dan banyak hal baru lain tentunya. Karena itulah jangan takut untuk mencoba hal baru, bertemu dengan orang-orang baru, berkunjung ke tempat baru, karena hidup akan selalu membutuhkan pembaharuan. Keep positive think and be optimist!!!





Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar