Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Tua Dituakan. Tua Menyebalkan


Siti Fathimatuz Zahro'

Happy day to all darunnun.com reader J

For edition kali ini aku ingin mengulas satu kalimat pendek yang sering diucapin waktu ulang tahun. Tiap tahun pastinya kan yaa kita ulang tahun dan dapet ucapan-ucapan hangat, do'a-do'a indah, dan sejenisnya. Asing nggak sih dengan kata-kata "jangan jadi tua menyebalkan". Naah, kali ini aku bakal mengulas kata-kata itu.
Pada harapan umumnya, semakin bertambahnya usia maka semakin bertambah pula kebijakannya, kedewasaannya, dan tersistemnya suatu pola pikir. Tapi nggak mustahil juga kalau semakin tua seseorang tersebut semakin merasa "king-queen" on the life.nya. Merasa sok besar, sok bijak, sok benar, dan sok sok sok lainnya. Nyebelin nggak siih? Dan lebih parahnya lagi, apabila didepan publik sok ramah, sok perfect, sok haha-hihi, sok bisa dihandalin, tapi pada zona aman-nyaman tuuh seseorang itu is very-very so far dari kata perfect.
Kenapa siih kok bisa kayak gituu? Naah, bisa jadi seseorang tersebut ingin diakui keberadaannya. Hasil sharing, browsing, dan gosip, hal-hal tersebut disebut SNOB. Snob adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa tau segala-galanya, dan merasa ada diatas sekitarnya. Bete nggak sih ada orang kayak gitu?

Naah, buat darunnun.com readers lovers, ada beberapa tips nih buat ngadepin orang-orang Snob:
1. Jadilah pendengar setia apa yang dia ceritakan. Kuat-kuatin aja dia mau bilang apa dan jangan disela.
2. Jadilah pribadi sabar, legowo, mengalah, dan sejenisnya dalam menghadapi setiap untaian katanya. Kalau nggak sabar, waduuh bakalan perang dunia tuuh. hihihi...
3. Berilah feed back dari setiap topiknya dengan fakta. Jangan berdasarkan "katanya". Karena orang-orang snob nggak bakal percaya dan tetap menganggap pendapatnya paling bener.
4. Naah, untuk mengetahui seberapa besar sih pemahaman dia, pancing aja dengan pertanyaan-pertanyaan yang membuat dia akan cerita banyak. Disitulah kualitas dia akan keluar.
5. Boleh juga laah yaa sedikit kasih kultum dengan perumpamaan yang sebenarnya itu adalah dia sendiri. Semoga lah ya hihihihii J

Buat semuanya, janganlah yaa menjadi tua yang menyebalkan. Bijaklah dalam segala hal. Diamlah dari pada sok tahu. Bertanyalah jika memang tidak tahu. Dengan seperti itu kita bakal jadi pribadi yang berkualitas J J J
Happy day happy weekend darunnun.com readers lovers :* :*
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar