Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Betapa mulianya hatimu malaikat kecil




Saat malam itu , setelah suara iqomah berkumandang si gadis kecil beserta ibunya bergegas pergi ke masjid, dengan sedikit terburu – buru jarak rumah yang tak begitu jauh namun karena mereka khawatir telat akhirnya memutuskan menggunakan motor dengan lajuan motor sedikit cepat si ibu membonceng si anak tersebut .
Sampai di parkiran si ibu bergegas untuk memasuki masjid untuk menuju barisan shof , namun si anak ini terhenti di depan dan melihat seekor kucing yang sendiri dan anak ini membawanya kedalam masjid ditaruhnya dibagian belakang karena ia berfikir bahwa ia kasihan melihat kucing ini sendirian , sambil memegang kucing dengan halusnya anak ini meletakkan dibagian shof belakang “disini yah , diam disni ....”

Tak selang berapa lama ada seorang gadis perempuan yang menegurnya “ih itukan kotor , sana taruh di luar” anak itu hanya melihat sambil tersenyum , si gadis ini mengulangi perkataanya “itu najis sana taruh diluar” akhirnya simalaikat kecil ini pergi keluar dan membawanya, dengan menggendong kucing ini.
Pelajaran yang mungkin bisa kita ambil adalah betapa mulianya hati anak ini , saat dia melihat makhluk allah ini sendirian dia timbul rasa ingin menolongnya , dia gadis yang polos yang mungkin dia tak tahu entah itu najis atau tidak , kotor atau bersih saat kucing itu dibawanya kedalam masjid, yang ada dipikirannya hanya menolong agar kucing itu tidak sendirian , Kemudian bagaimana dengan kita , apakah kita yang sudah sebesar ini tahu ilmu ini ilmu itu, sudahkah kita berbuat seperti gadis ini ?
Seperti dalam firmannya : “dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan (Q.S. al Maidah/ 5 : 2).
Ayat ini biasa diartiakan dengan pengertian ta’awun, Ta`awun adalah tolong-menolong antar sesama umat manusia dalam hal kebaikan, supaya saling melengkapi dalam memenuhi kebutuhan pribadi maupun kebutuhan bersama. Islam mengajarkan kepada umatnya agar mau bekerja sama, ta’awun dengan sesamanya atas dasar kekeluargaan. Kata ta’awun berasal dari bahasa Arab yang berarti tolong-menolong, gotong royong, bantu membantu dengan sesama manusia.
wallahua’lam
Oleh Alif Nur Lailiyah
Malang, 4 November 2017

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar