Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Analogi Kopi Hitam





Sebuah kata- kata  mutiara yang menjelaskan tentang kegundahan yang aku rasakan selama ini. Memberikanku inspirasi dan motifasi agar tak terkungkung dengan kerendahan diri dan keegoisan sikap yang sudah tak sepantasnya masih ada pada umurku yang sekarang. Gelar tambahan maha sudah dimiliki tapi kebijakan akedemisi masih sekedar imaji. Sebuah kata-kata mutiara yang aku peroleh dari seseorang yang telah banyak makan garam, katanya. Kata-kata mutiara itu menganalogikana sebuh kopi,sesuatu yang tak lepas dari keseharian orang – orang pada zaman kesibukan ini. kata-kata Mutiara tersebut berbunyi sebagai berikut


“ Jadilah seperti kopi yang menerima gula untuk menjadi manis,

dan menerima susu untuk menjadi lebih berwarna”.


Mungkin itu merupakan sebuah  kata – kata yang sederhana yang tak terlalu memiliki arti bagi orang lain , akan tetapi  rangkaikan kata-kata itu yang telah memberikan pencerahan tersendiri untuku. Diriku yang mengartikan kata-kata tersebut dengan sudat pandang dan pemahamanku. Benak dan pikiranku mengartikan, seandainya kita bisa menjadi kopi yang bisa menerima gula untuk menjadikan dirinya menjadi lebih manis. Lalu kenapa kita dengan kekurangan dan bermacam masalah tidak bisa menerima manisnya hikmah yang akan kita dapatkan. Lebih lanjut lagi kopi yang hitam pekat saja bisa menerima susu untuk menjadikan dirinya  menjadi berwarna. Lalu kenapa kita tidak bisa menerima pengalaman hidup dari berbagai macam masalah yang membuat hidup terasa kelam. Jadi saya menyimpulkan kopi yang pahit saja memliki penawar berupa gula dan susu, berarti pahitnya masalah dalam kehidupan juga ada penawarnya yaitu berupa kepercayaan pada diri sendiri dan kepercayaan pada tuhan.

NA
Malang, 25 November 2017

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar