Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

hakikat lupa

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
siti fathimatuz zahro'

Pernahkah diantara kalian merasakan lupa akan suatu hal yang baru saja terjadi? Merasa sulit untuk mengingatnya secara detail? Atau bahkan sukar mengingat materi kuliah padahal tidak pernah absen? Naah hal-hal tersebut bukanlah karena IQ yang rendah atau minimnya tingkat kecerdasan pada taraf manusia normal. Hal itu disebabkan oleh kurangnya fokus terhadap stimulus. Apa itu stimulus? Stimulus adalah suatu rangsangan yang diterima oleh panca indera berupa apapun.
            Ketika seseorang kurang atau bahkan tidak fokus terhadap stimulus, maka diibaratkan, stimulus tersebut hanya numpang lewat. Sekalipun ia mampir itu hanyalah sejenak. Sama halnya dengan manusia yang hanya mampir minum di dunia ini. Terdapat kemungkinan lain, saat seseorang sudah merasa fokus akan suatu hal tapi mengapa suatu waktu yang panjang mengalami kesusahan untuk mengingat? Hal itu disebabkan kurangnya “pemanggilan” ulang terhadap ingatan tersebut. Sebagai contoh, ketika sebuah jalanan mengalami kemacetan yang padat dan kita diarahkan untuk memilih “jalan tikus”, namun hanya sekali itu saja. Keesokan harinya sama sekali tidak pernah dilewati lagi. Bukan tidak mungkin suatu saat ketika membutuhkan “jalan tikus” lagi, kita akan lupa atau samar-samar.
            Jangan pernah menganggap bahwa ‘lupa’ adalah sebuah penyakit ataupun aib jika itu masih dalam porsi dan kadar yang wajar. Seperti sebuah hadits:
 الانسان محل الخطاء manusia adalah tempatnya salah dan lupa.

Malang, 09 Oktober 2017
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
www.darunnun.com            
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar