Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Bersih Desa Gasek

Pondok Pesantren Darun Nun Malang

Siti Fathimatuz Zahro'

Gasek. Sebuah desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang dari arah Karang Widoro. Namun masih ikut andil dalam sebuah keramaian tanpa melupakan jati dirinya. Desa ini bernama asal "Kosek" yang pernah aku dengar dari salah seorang warga. Yang dimana dulunya pernah terdapat hutan jati yang kini telah diduduki dengan sebuah bangunan pendidikan. Dan jangan salah. Tanpa diketahui banyak orang, desa ini memiliki sebuah bangunan candi yang hampir 85% terpendam tanah. Candi Karangbesuki. Disisi lain terdapat sebuah tradisi turun temurun yang setiap tahunnya harus diperingati dengan pementasan drama wayang kulit. Yang konon katanya apabila tradisi ini tidak terlaksana maka "sesepuh desa" akan turun dengan perantara warga desa. Gadeso, itulah sebutannya. Sebuah tradisi bersih desa yang bermakna memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar desa ini jauh dari balak dan marabahaya. Tidak perlulah diambil pusing. Toh ini hanyalah sebuah tradisi kuno dengan pertunjukkan wayang kulit sebagai pelengkapnya yang mana dahulu pernah dibawakan Sunan Kalijaga dalam mensyiarkan islam. Jangan ditilik dari berjajarnya sesajen, dupa, dan kemenyan. Itu hanyalah sebuah tradisi turun temurun tanpa mengesampingkan keimanan seseorang.

Malang, 17 Oktober 2017

www.darunnun.com
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar