Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Bagaimana Kata Hati?

Gambar terkait
Oleh Ninis Nofelia
Jika hati mengeras, ia kan mudah patah dan pecah saat terjatuh. Bagaimana pendapatmu, jika hati lembut dan lentur? insyaAllah ia akan baik-baik saja, bukan? Ia akan kembali ke posisinya semula. Allah Swt. Sangat baik sekali, memberi sesuatu yang berharga ini hanya untuk makhluk-Nya yang paling mulia, yaitu manusia. Manusia diciptakan dengan berbagai atribut yang melengkapinya terutama perangkat lunak yang begitu penting, yaitu hati. Sebagaimana firman Allah Swt. :


قُلْ هُوَ ٱلَّذِىٓ أَنشَأَكُمْ وَجَعَلَ لَكُمُ ٱلسَّمْعَ وَٱلْأَبْصَٰرَ وَٱلْأَفْـِٔدَةَ ۖ قَلِيلًا مَّا تَشْكُرُونَ
Katakanlah: "Dia-lah yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati". (tetapi) Amat sedikit kamu bersyukur. (QS. Al-Mulk: 23)
            Hati yang ditanamkan dalam setiap diri manusia menjadi inti penciptaannya sebagai agen perubahan. Manusia diciptakan dengan tujuan untuk beribadah hanya kepada-Nya, diantaranya dengan banyak memberikan kebaikan di atas muka bumi ini juga mengelola dengan baik segala sesuatu yang telah Allah Swt. berikan padanya. Sebagaimana Allah Swt. berfirman:

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."(QS. Al-Baqoroh: 30)
Hati bagaikan generator penggerak tubuh, maka benarlah sebuah riwayat menyebutkan bahwa jika baik segumpal darah itu, maka baiklah keseluruhannya. Wallahualam Bisshowwab


Malang, 19 Oktober 2017
Membuka lembaran lalu, kala ngaos bersama ustadz Thoriq

www.darunnun.com
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar