Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Power Play



Power Play adalah suatu istilah dalam sebuh pertandingan sepek bola atau lebih tepatnya pertandingan futsal. Power Play sendiri adalah suatu startegi permaianan yang digunakan pelatih dimana seorang penjaga gawang bisa membantu empat pemain lainya dalam menyerang tim lawan, dengan cara kiper melawati garis tengah atau garis batas wilayah yang ada dilapangan yang seharusnya tidak boleh dilewati oleh kiper. dalam sebuah sumber menyebutkan bahwa untuk menerapkan strategi ini biasanya dalam satu tim memiliki pemain khusus yang memiliki akurasi  passing ( mengumpan bola pada teman satu time ) dan shooting (menembakan bola pada gawang) diatas rata-rata, dan juga harus bisa menjadi sebagai seorang penjaga gawang karena apabila terjadi counter attack keadaan dimana terjadi serangan balik yang cepat, Maka pemain ini akan berposisi sebagai penjaga gawang.

Saya mengenal istilah stategi ini saat saya ikut membantu dalam sabuah turnamen futsal tinkat  SMA sekarisedanan di daerah saya. Saat itu saya Sempat merasa heran dan gemas pada salah satu pertandingan dimana sang penjaga gawang bermain tidak pada sewajarnya karena dia sering meninggalkan gawangnya dalam keadaan tidak ada penjagaan malah dia lari untuk menyarang akibatnya gawangnya sering kemasukan gol karena ulahnya tersebut. kala  itu saya ditugaskan untuk menjadi tim bantuan kesehatan, sehingga mengharuskan saya untuk berada di dekat lapangan pertadingan dan kebetulan saya berada di samping seorang pengawas pertandingan dan dari pengawas pertandingan itulah saya tau istilah Power play dari permainan yang tengah dilakukan oleh si penjaga gawang yang membuat saya gemas tersebut. pengawas pertandingan tersebut menjelaskan kepada saya ketika sebuah tim menerpakan strategi power play ini biasanya tim tersebut sedang  mengejar ketertinggalan gol dengan tim lawan, karena dengan menerapkan srategi ini penguasaan bola bisa seutuhnya di kendalikan. Tapi anehnya penjalesan pengawas pertandingan tersebut yang meyatakan bahwa strategi tersebut digunakan untuk mengejar ketertinggalan tidak mencermikan keadaan permainan yang saya liat saat itu malah membuat tim tersebut gebobolan terus menerus. Pengawas menjelaskan lagi bahwa reseiko dari stategi ini memang saat besar jika bola sampai  lepas dari kontrol dan jatuh ke tim lawan. oleh karena itu diperlukan kehati-hatian dan skil tinggi dalam strategi ini.

Setelah mendengar penjelasan tersebut saya membayangkan jika stategi power play tersebut diterapkan dalam sebuah permainan kehidupan dalam dunia nyata. Dimana untuk mempercepat pencapian sebuah tujuan yang kita inginkan kita bisa melakukan sebuah tindakan yang melewati batas-batasan yang biasanya berlaku di masyarakat. Kita bisa dan boleh untuk melakukan starategi tersebut asalkan kita harus benar-benar bijaksana dan hati-hati dalam meneraplan stategi tersebut. jika kita tidak bijaksana dan hati-hati dalam penerapanya kita akan merusak tatanan dalam masyarakat dan kesempatan itu malah akan digunakan oleh orang lain untuk semakin meninggalkan kita dalam pencapai tujuan tersebut. Sama seperti konsep dalam stategi power play tersebut kita harus memiliki kontrol yang lebih yaitu kontrol dalam emosi, kontrol dalam tindakan, kontrol dalam ucapan, dan kontrol dalam hal-hal lainya sehingga strategi ini tidak menjadi bumerang untuk kita.  

Novia Anggraeni

Malang, 30 september 2017

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Bukit Cemara Tidar, Karang Besuki
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar