Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Menjadi Renta Hanya Bersamamu

Hasil gambar untuk rumah tangga



Siti Khoirun Niswah
By : Budi Hatees
Cerita pendek yang berjdul “menjadi renta hanya bersamamu” mengisahkan seorang laki-laki yang mencintai istrinya. Ia bermimpi bahwa ia telah tua renta bersama istrinya orang yang sangat dicintainya. Walaupun banyaknya rintangan yang menghalanginya untuk bersama, laki-laki ini tetap mencintainya. Dalam mimpinya tersebut, laki-laki ini telah menjadi suami orang lain dan telah menjadi ayah dari dua anak. Namun hatinya masih mencintai seorang wanita (istri aslinya tersebut) begitu pula sang istrinya yang didalam mimpinya telah menjadi istri seorang yang bernama Ben dan dikaruniai seorang anak. Dalam mimpinya sang istri menjadi seorang guru yang berkeinginan menjadi seoang penulis. Keduanya saling bertemu walaupun satu sama lain telah memilki keluarga masing-masing, namun perasaan cinta dari keduanya tetap melekat sehingga apapun yang terjadi sang laki-laki tetap mengahampirinya di suatu tempat dan saling bercerita. Namun itu semua mimpi, mimpi bahwa cinta nya tetap abadi sampai tua hanya bersamanya.
·         Analisis unsur intrinsik
1.      Tema                           :  rumah tangga
2.      Latar                            :  di rumah
3.      Alur                             :   alur mundur
4.      Tokoh                         :   (pelaku utama : suami),  (pelaku kedua : istri)
5.      Sudut pandang            : akum kau
6.      Watak tokoh               :  keduanya memiliki sifat setia dan tulus
7.       Amanat                      : pertahankan rasa saling menyayangi dalam hubungan suami istri. Karena itu merupakan kunci dari hubungan rumah tangga yang harmonis.

·         Kekurangan dan kelebihan
1.      Kekurangan : cerita yang terkandung bagus, akan tetapi lebih bagus lagi jika perumpaan dari suatu rintangan untuk bersatu bukan berupa satu sama lain telah memilki keluarga,
2.      Kelebihan : cerita tersebut memiliki diksi yang baik karena jika memahaminya perlu dibaca berulang-ulang. Sehingga menambah keinginan dan penasaran seorang pembaca.



Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar