Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Kenalkan Allah Dengan Baik

Pondok Pesantren Darun Nun Malang

Oleh: Siti Fathimatuz Zahro'


“Adek nggak boleh nakal. Nanti nggak disayang Allah”
“Adek harus rajin sholat. Kalau males nanti Allah marah”
Dan peringatan-peringatan lainnya. Haruskah seorang orang tua menanamkan kata-kata seperti itu? Secara continew, hal itu akan tersimpan pada long term memory anak dan menyimpulkan bahwa Allah itu jahat. Selama ini orang tua dan guru hanya bisa memberikan gambaran awang-awang pada anak, mengenalkannya hanya berupa kata-kata.  Anak akan bertanya pada dirinya sendiri, “Siapakah Allah? Mengapa ia jahat? Padahal aku tidak pernah bertemu dengannya”. Dia akan mengenal bahwa Tuhannya adalah jahat. Bukan suatu hal yang benar saat orang tua mengatakan peringatan dengan menyertakan kalimat negatif. Jika hal itu selalu terjadi secara terus-menerus, maka anak akan berkesimpulan bahwa Allah jahat dan suka marah. Sangat perlu kata-kata tersebut diubah menjadi kalimat positif, contohnya “Allah akan menyayangi anak yang sabar” disana anak akan berasumsi bahwa ia harus berbuat hal-hal yang baik agar disayang Allah. “Allah akan mengabulkan doa anak yang rajin sholat” dengan begitu anak akan lebih mudah untuk diajak sholat. Kalimat-kalimat tersebut harus secara berulang dikatakan pada anak, agar menjadi suatu ingatan jangka panjang.
Tanamkan hal baik sejak dini untuk dipanen dikemudian hari.





Pondok Pesantren Darun Nun
Malang, 16 September 2017
www.darunnun.com
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar