Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

IQOB

Oleh Alif Nur Lailiyah

Mungkin ada yang masih bertanya tentang iqob, iqob itu bahas arab yang tak lain maknanya adalah hukuman. Hukuman bagi orang yang tidak melaksanakan kewajibannya.
Seperti di pondok iqob begitu banyak macamnya , terkhusus di darunnun ada iqob jika tidak membaca qur'an, iqob kalo tidak menulis, iqob jika tidak berjama'ah dan iqob tidak mengikuti ta'lim dan itu selalu terpampang bagi siapa saja yg melanggar dan langsung ditebus dgn hukuman - hukuman yang telah disepakati oleh santri dan disetujui oleh pengasuh.
Bayangin aja iqob dipondok aja segitu banyaknya kesalahan kita dan lekangnya manusia itu selalu ada salah , lalu apakabar dengan kehidupan kita di dunia ini karena tebusannya selalu kebanyakan diakhirat kelak yang kita gak tau seberapa banyak kesalahan didunia ini yang petnah kita lakukan.
Maka dari itu perbanyaklah beristighfar dan meminta ampunan kepadaNya karena Dia adalah Maha pengasih dan Maha Penyayang karena jangan sombong dulu dengan ibadahmu karena belum tentu karena ibadah mu kamu masuk surga , bisa saja itu karena belas kasihanNyalah kamu bisa masuk syurga , dan perbanyaklah berbuat baik karna kita juga tidak tau karena perbuatan kita yang mana yang dicatat amalnya 
wallahua'lambissowaf

Malang, 20 September 2017

Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar