Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Deja vu? sepertinya pernah tau!




 oleh: Nur Ma'rifatul Jannah
Deja vu? ada yang pernah dengar kata-kata itu? Mungkin.
Adopsi dari kata asing yang sekarang mungkin sudah sering kita gunakan dalam bahasa istilah sehari-hari sebagian besar orang. Pertama kali saya tahu kata deja vu tersebut dari membaca sebuah cerpen kompas yang berjudul Geheugen Gallery.  Dalam cerpen tersebut dikisahkan seseorang yang tengah mengunjungi sebuah musium yang ada di Belanda. Sebuah gallery kenangan, di mana ia menjadi teringat akan masa silam. Tidak hanya ingat tapi seakan dia benar-benar sedang mengalami lagi dan masuk dalam lorong waktu masa lalu tersebut. Padahal ternyata dia hanya sedang mengalami hal yang istilahnya sekarang disebut deja vu. Tetapi kali ini saya tidak hendak meresensi cerpen tersebut, mungkin nanti insyaAllah resensi cerpen Geheugen Gallery.
Dari cerpen itulah saya jadi sedikit tahu tentang apa itu deja vu. Untuk mengobati rasa penasaran yang berlanjut, kemudian saya iseng mancari tahu apa itu deja vu? Alternatif saya tanya ke mbah google. Al hasil, deja vu itu adalah suatu perasaan saat seseorang mengalami sesuatu yang pernah terjadi sebelumnya. Beberapa pendapat menghubungkan deja vu dengan gangguan pada sistem saraf seperti otak, sedangkan beberapa kelompok mengasosiasikan deja vu dengan kehidupan masa lampau. Istilah déjà vu ini berasal dari bahasa Prancis  yang pertama kali di perkenalkan oleh seorang peneliti di bidang psikolog berkebangsaan Prancis yaitu Emile Boirac.
Menurut Emile Boirac, adalah peristiwa dimana seseorang merasakan suatu kesamaan dengan sesuatu yang dialami di masa lampau. Individu merasa telah melalui hal yang sama baru saja terjadi di masa lalu atau telah menyaksikan hal tersebut dalam mimpinya.[1]
Nah, mungkin kebanyakan orang juga pernah mengalami hal semacam ini. Ketika tengah melakukan sesuatu atau berada di suatu tempat, tiba-tiba kita merasa seperti tidak asing lagi dalam arti  ngerasa udah pernah ngalamin hal tersebut. Ingatan kita secara spontan terpikir hal yang sama dan seperti sebelumnya sudah pernah terjadi. Hal itu bisa jadi memang sudah pernah terjadi di masa lampau atau hanya sebuah prasangka-prasangka saja. Saya kira kebanyakan dari kita pernah mengalami hal sedemikian itu, tapi mungkin belum tahu apa istilah untuk mengatakan hal yang mereka alami tersebut. And I think, we can mention it DeJa vu.

Malang, 22 Sep. 17
Cahaya_Ma’rifaht


[1] https://artikelbermutu.com/2014/06/apa-itu-deja-vu-pengertian-dan.html#

Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar