Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Budaya Matosi

Pondok Pesantren Darun Nun Malang

Siti Fathimatuz Zahro'

Apa yang anda pikirkan ketika anda melihat seorang anak berbuat kesalahan tanpa ada penyesalan? Atau seorang anak yang menyuruh tanpa sopan? Jengkel bukan? Dan mungkin juga terpikirkan "gimana sih orang tuanya?".

Perkembangan anak dimulai dari sejak lahir. Ada suatu fase yang dinamakan golden age, adalah sebuah fase dimana penanaman karakter sangat penting bagi anak dan sistem kognitif anak bersifat rawan. Golden age dimulai pada usia 0 hingga 3 tahun. Penanaman karakter yang dianggap biasa namun berimbas baik adalah pembiasaan mengucapkan maaf, tolong, dan terima kasih. Jangan pernah bosan mengingatkan anak untuk mengucapkan 3 kata tersebut kepada siapapun, dimanapun, kapanpun, dan kondisi apapun. Sekalipun emosional anak sedang tidak baik tetap ingatkan untuk mengucapkannya. Pada usia golden age kemampuan verbal anak memang belum maksimal namun kemampuan mendengar dan melihatnya sudah cukup sempurna. Dengan pembiasaan orang tua mengucapkan dan anak mendengarkan, maka hal itu akan terekam pada short term memory anak dan apabila selalu mendapat pengulangan maka akan tersimpan pada long term memory anak dan akan mendapat good recall.
Budayakan MaToSi pada anak sejak dini. Maaf Tolong dan terima kaSih.

Pondok Pesantren Darun Nun
Malang, 18 September 2017
www.darunnun.com
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar