Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

BAHU SI SULUNG



oleh: Alif nur lailiyah

Saat seorang anak dilahirkan dia hanya bisa menerima, tidak bisa memilih mau menjadi sulung atau bungsu , dan juga dia pun tak bisa memilih dia dibesarkan dikalangan orang kaya atau orang miskin sekaligus. dia juga tidak bisa memilih ayah dan ibunya masih ada atau tinggal ibunya saja atau tinggal ayahnya saja.
Semua itu takdir namun hanyakah berdiam diri dengan menerima takdir begitu saja ? bukan kah Dia masih bisa mengabulkan permintaan mu yang lainnya. Apakah karna takdir tidak berada dikalangan orang kaya kamu menyerah, apakah menjadi si sulung kamu hanya diam saja karna diatasmu tidak ada yang kamu tiru, bangkitlah karna tidak selalu dia yang berasal dari keluarga tidak berada  dia akan menjadi  miskin keturunan dan menjadi si sulung kamu akan bermalas – malasan dan merasa terbebani dengan saudara – saudara yang berada di bawahmu ?, karena mereka mungkin ayah ibu mu terlalu fokus dengan mereka ?
Cukuplah kawan , cukup lah mereka saja yang kekurangan jadikanlah dirimu sebagai orang yang pertama merubah takdir semua itu , cukuplah kamu yang merasa kurang jangan sampai adik – adikmu merasakan seperti mu, mungkin jika dulu orang tua mu mengingikan kau sampai SLTA saja dan kemudian kamu harus bekerja maka cukuplah kamu yang merasakan itu semua , dinginnya cuaca malam , merasakan panasnya mesin industri , tangan yang lembut menjadi kasar hanya karena dikejar setoran , belum lagi nyayian supervisor saat pekerjaan itu tak sesuai keinginannya .
Apakah menjadi buruh itu lah cita – cita mu , apa karna tidak ada pendidikan yang bagus dikotamu itu menjadi alasan mu untuk berdiam diri disitu saja , cukuplah ayah ibu saja yang menjadi buruh mereka – mereka yang ingin mengambil kekayaan negri kita itu. Bangkitlah Sadarlah sampai kapan kau akan seperti itu ? .” Tidak ada yang tak mungkin di dunia ini selama allah tuhan kita “ gengam mimpimu , raihlah dengan sungguh – sungguh tuhan tak tidur.
Abaikan mereka yang mencacimu dengan berkata , ah tidak mungkin.....!, abaikan mereka yang berkelimang harta dengan kasih sayang ayah – ibu yang selalu memperhatikannya , karna setiap orang tua selalu punya cara tersendiri untuk menuangkan kasih sayangnya kepada anak – anaknya, apalagi untukmu si sulung jangan ada kata orang tua ku lebih sayang kepada adik – adik ku karna sesungguhnya orang tua mu ingin mendidikmu dalam masa panjang agar kau tak lemah , manja karena bahumu akan selalu dibutukan adik – adikmu , sikap mu itulah yang akan menjadi contoh ktika ayah dan ibu sudah tiada nanti.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar