Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Jantung Kota Makin Dilupa


Oleh:
Siti fathimatuz Zahro'



"Apa manfaat hutan anak-anak?"
"Untuk liburan bu"
"Untuk sumber oksigen bu"
"Untuk tumbuhnya banyak tanaman bu"
Itu anak Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar yang berkata.Dimana jawaban mereka masih mengandur kadar keakuratan yang tinggi. Berbeda ceita dengan kalangan Sekolah Menengah Atas dan mahasiswa.
"Sebutkan manfaat hutan"
"Buat pacaran bu" (dan mereka tertawa)
"Buat nongkrong bu"
"Buat mbolos bu"
Seakan mereka tidak sadar bahwa yang diutarakan sangatlah bertolak belakang dengan jawaban kecil mereka. Sekalipun jawaban itu hanyalah sebuah lelucon namun dengan sadar pun jawaban itu mereka lakukan. Mengenaskan. Sungguh. Berdasar jawaban itu, hutan bermanfaat bagi mereka. Menyembunyikan mereka dibalik rimbunnya tanaman dan berjajarnya pohon-pohon. Tapi apa kontribusi mereka akan hutan? Tidak ada. Gumpalan tissue berserakan, putung rokok bagaikan tebaran biji-biji, dan plastik sukar terurai tergeletak bagaikan lembaran rumput siap tanam. Masya Allah. Hanya dalam lembaran soal ujian hati mereka tulus menjawab demi sempurnanya nilai. Tapi acuh akan kelangsungan kehidupan anak cucu mereka kelak. Apa jadinya tak ada hutan. Dimana wadah tampung hujan? Tak butuh air kah? Tak butuh kah bersih dan wangi? Tak butuh kah suatu kesucian? Tak butuh kah minum? Ngopi? Sungguh mengenaskan.


Pondok Pesantren Darun Nun
Perum. Bukit Cemara Tidar F3 No. 4 Malang

www.darunnun.com
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar