Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

HIDUP ADALAH PILIHAN!

Hasil gambar untuk layang layang photography

Dyah Ayu Fitriyesss
Jika diibaratkan dengan permainan catur, maka seorang pemain harus membuat keputusan mana pion yang akan di bawahnya ke medan perang. Begitu pula dengan kehidupan, sayangnya pemain catur bisa memilih untuk mundur, tapi seseorang yang telah dikaruniai Tuhan sebuah kehidupan, tidak ada pilihan untuk mundur. Tiap-tiap pilihan akan tetap membawanya ke masa depan entah itu seperti yang ia ingini atau tidak.
‌Saya yakin hampir semua orang pernah mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan. Entah itu memilih tempat sekolah, tempat berjuang, karir, pasangan hidup, atau hal- hal lainnya. Lantas Bagaimana cara membuat pilihan yang terbaik?_Maa Khoba Man Istakhor Wa Laa Nadzoma Man istasyar._ Nabi mengajarkan bahwa beristikharah dan bermusyawarah akan memberikan kemudahan bagi mereka yang hendak membuat suatu keputusan.
‌Sebut saja seorang teman yang meng- istikharah-kan perkaranya pada seorang Kyai, di luar dugaan, ternyata hasilnya adalah hal yang sangat tidak disenangi. Perlu diingat pilihan terbaik terkadang bukan pilihan yang menurut kita baik. Namun ia bisa saja sesuatu yang buruk bungkusnya, tapi indah isinya.
Nah setelah istikharah langkah selanjutnya adalah bermusyawarah, meminta pendapat kepada guru, orang tua, dan juga teman. Mendengar pendapat orang lain akan membuat wawasan kita semakin terbuka dan kita bisa berpikir dengan lebih jernih dengan banyak sudut pandang. Dengan itulah kita bisa menentukan pilihan yang terbaik untuk diri kita dan juga keluarga kita.
‌Nah selanjutnya apakah ketika sudah membuat suatu pilihan semua sudah beres? belum. Pilihan akan datang beserta dengan konsekuensi-konsekuensi nya. Seperti halnya hidup di pesantren, komitmen berjamaah, mengaji, saling membantu, berbagi dan banyak hal yang terkadang akan membuat kita merasa berat.

Namun kawan, ya itulah yang namanya pilihan Ia lahir bersama dengan akibatnya. Berani lah untuk membuat keputusan tersebut, karena setiap kesuksesan adalah hasil akhir dari satu pijakan yang kecil.
‌Terakhir, bagaimana kita mempertahankan pilihan yang telah kita buat. Seperti kata seorang teman, putuskan dan jangan lagi lihat kebelakang. Putuskan dan jangan terlalu ambil pusing dengan kesuksesan orang lain yang telah berada di atasmu. Just go on your way, tetaplah berjalan, melakukan yang terbaik, konsisten dengan pilihan kita, dan percaya bahwa Allah selalu mengirimkan matahari yang cerah di setiap pagi kita dan awan yang selalu tersenyum menyambut usaha kita. Oke guys good luck and choose your choice
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar