Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Skripsiku, Jembatan Masa Depanku

 Oleh: Anggun Amalia Fibriyanti
Pasca Sidang S1
TIM PKM-PE 3, PIMNAS Ke-29 di IPB

 Semester 8, pada saat itu mata kuliah yang saya ambil hanyalah 6 SKS, 4 SKS diantaranya yaitu skripsi dan 2 SKS Mekanika klasik. Skripsi adalah suatu hal yang seringkali dianggap beban oleh Mahasiswa tingkat akhir. Akan tetapi, bagi saya beban tersebut seiring berjalannya waktu akan menghilang sedikit demi sedikit, ada pula yang akan bertambah membukit. Suatu hal tak terduga datang dan pergi silih berganti, dapat menjadi kendala juga dapat menjadi motivasi bergantung cara kita menyikapi.
            Berawal dari proposal seminar skripsi yang saya kembangkan untuk proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) hingga  kemudian proposal PKM saya lolos didanai kemenristekdikti. Dalam proses ini, saya hidup bagai menyelam sambil minum air, mengerjakan skripsi dengan menjalankan amanah PKM. Berbagai ilmu pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapat selama menjalankan penelitian ini sangat menggugah diri saya untuk selalu belajar dan berkembang guna kemajuan bangsa untuk bisa bersaing dikancah Internasional.
Sel surya kini menjadi salah satu energi baru dan terbarukan yang menarik perhatian para peneliti untuk terus menerus dikembangkan guna mengatasi masalah energy yang akan dihadapi Indonesia di masa mendatang, hal ini menjadi pokok latar belakang penelitian saya. Meningkatkan efisiensi sel surya adalah tujuannya, dan dengan cara memodifikasi struktur lapisan sel surya melalui material ZnO nanorods, menjadi inti sekaligus kekuatan dari penelitian saya. ZnO nanorods mempunyai luas permukaan yang lebih besar di banding ZnO dan TiO2 nanopartikel yang biasa digunakan pada sel surya, sehingga ZnO nanorods mempunyai daya serap cahaya matahari lebih besar dan dapat meningkatkan efisiensi sel surya.
Selama proses penelitian, berbagai macam kendala mulai dari laptop yang error karena terlalu lama dipakai, bahan dasar penelitian yang mahal dan lamanya waktu tunggu pesan bahan dari sigma-Aldrich dengan kemurnian 99,99%, hingga tekanan dari dosen pembimbing karena sampel yang hasil ujinya tak kunjung sesuai. Semua itu saya hadapi serasa air mengalir, meski selama proses ini saya sering mengeluh, berbagi cerita kepada orang tua dan teman-teman, namun tak lama saya membolak-balikkan hati melawan kemalasan dengan penuh kesabaran dan pantang putus asa. Setiap jam 7 pagi hingga jam 5 sore, saya sintesis di laboratorium, dan saya mengerjakan analisis data sedikit demi sedikit namun rutin dan terus menerus sharing juga konsultasi dengan dosen dan teman. Saya ingin melihat Bapak dan Ibu secepatnya ke Malang, tersenyum melihat saya memakai toga dan berjabat tangan dengan bapak rektor di Gedung Graha Cakrawala UM.
Dengan niat dan penuh semangat yang tidak pernah pupus, saya berhasil sidang skripsi di ujung batas waktu semester genap. Selain itu, saya bersama tim juga berhasil menjadi salah satu kelompok PKM-Penelitian Eksakta yang berhasil lolos PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) 2016 yang ke-29 di Institut Pertanian Bogor. Bersaing dengan ribuan peserta dari Universitas se Indonesia. Hal tersebut menjadi sesuatu yang luar biasa bagi saya, suatu event bergengsi antar mahasiswa se nasional dapat saya ikuti di masa akhir saya menjadi mahasiswa. Dapat berkumpul, bertemu dan sharing sesama mahasiswa dari Sabang sampai Merauke menjadi tombak untuk mewujudkan mimpi-mimpi, serta menambah keyakinan saya bahwa saya bisa. Selain daripada itu, karena skripsi saya dapat submit paper kedalam jurnal Internasional. Keinginan saya untuk melanjutkan studi S2 juga InsyaAllah akan saya dapatkan melalui penelitian saya yang akan dikembangkan di jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Saya tanamkan keyakinan dari nasehat dosen pembimbing saya, bahwa tiada hasil yang menghianati usaha. Hal ini terbukti bahwa apapun yang akan kita kerjakan awali dengan menata niat, jalani dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat maka akan kau dapati nikmat. Jadi, skripsiku adalah Jembatan Masa Depanku.
 

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar