Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Pelepah Kelapa Sawit Sebagai Media Tumbuh Jamur Tiram

Oleh: Anggun Amalia Fibriyanti 

Pelepah Kelapa Sawit

Kebun Sawit
Indonesia merupakan negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar didunia. Penyebaran kelapa sawit di Indonesia terletak di daerah Aceh, pantai timur Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Kelapa sawit termasuk tumbuhan industri yang berperan penting sebagai penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar. Perkebunan kelapa sawit menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Salah satu limbah kelapa sawit adalah pelepahnya. Ketika banyak perkebunan kelapa sawit yang belum mengelola limbah pelepahnya dengan baik, maka sampah merajalela.
Pelepah kelapa sawit merupakan limbah yang berpotensi namun belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Pelepah kelapa sawit banyak mengandung komponen lignoselulosa (lignin, selulosa, hemiselulosa). Beberapa penelitian yang pernah dilakukan oleh peneliti, pelepah kelapa sawit dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan briket arang. Untuk memperluas manfaat dan meningkatkan nilai ekonomis pelepah kelapa sawit berdasarkan bentuknya meryerupai kayu serta kandungan senyawanya, pelepah kelapa sawit dapat dimanfaatkan sebagai media tumbuh jamur tiram.
Jamur tiram merupakan salah satu jamur yang paling banyak dikonsumsi masyarakat, terutama masyarakat malang dan sekitarnya. Selain rasanya enak, jamur tiram juga mengandung nutrisi yang sangat banyak terutama protein. Secara alami, jamur tiram biasanya tumbuh di kayu-kayu yang telah lapuk dan kondisinya cukup lembab. Dengan kata lain, budidaya jamur membutuhkan media yang mengandung selulosa, dan kondisi lembab.
Dalam program kreativitas mahasiswa, Afif Saifudin dkk, (2014) telah berhasil melakukan penelitian mengenai pemanfaatan pelepah kelapa sawit sebagai media pertumbuhan produktivitas jamur tiram. Pelepah kelapa sawit diperoleh dari kebun gedung jurusan Biologi FMIPA UM dan di sekitar kampus UB yang pelepahnya belum dimanfaatkan hanya ditimbun di lubang sampah.
Penelitian dilakukan dalam satu waktu pengambilan data menggunakan metode penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL). Teknik Analisis data yang yaitu uji t berpasangan, dengan membandingkan dua variabel bebas macam bahan baku media jamur tiram berupa pelepah kelapa sawit dan serbuk gergaji.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa jamur tiram dapat tumbuh pada kedua media serbuk gergaji yaitu kayu dan pelepah kelapa sawit. Dalam 1 bulan setelah miselium memenuhi bag log, diperoleh hasil bahwa jamur tiram pada serbuk gergaji kayu lebih banyak daripada pelepah kelapa sawit. Hal tersebut, dikarenakan kandungan lignin pada serbuk gergaji lebih besar dibanding pelepah kelapa sawit. Dengan demikian, pelepah kelapa sawit dapat digunakan sebagai media tumbuh jamur tiram.


Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Perum Bukit Cemara Tidar F3 No.4
darunnun.com
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

1 komentar:

  1. kak boleh lihat file penelitiannya kak. mau di jadikan sebagai literatur dalam menulis ilmiah.

    BalasHapus