Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Kunci Pembuka Sakinah Mawaddah wa Rahmah

Pondok Pesantren Darun Nun Malang


Oleh:  Evi Nurjanah


Tak sedikit dijumpai suasana keluarga yang kurang harmonis, terlebih setelah usia pernikahan menuju  6-10 tahun. Terdapat bebera hal yang dapat dilakukan untuk membangun keluarga yang senantiasa dipenuhi  Sakinah Mawaddah wa Rahmah (damai, aman dan penuh cinta). Tiga hal tersebut adalah takwa kepada Allah; saling memuliakan; dan saling tolong menolong.

Takwa kepada Allah merupakan kunci pertama pembuka semua kebaikan, maka untuk mewujudkan sakinah mawaddah wa rahmah dalam keluarga harus tetap meningkatkan kadar ketakwaan kepada Allah Swt., terutama dalam mendirikan shalat yang merupakan ra'sul ibadah atau utamanya ibadah.


Selanjutnya, saling memuliakan merupakan hal yang sangat mendorong keharmonisan keluarga. Terutama dalam hal menjaga aib keluarga. Sebagai seorang pasangan tidak seharusnya menceritakan aib pasangannya kepada orang lain, kepada kedua orang tua saja tidak diperbolehkan terlebih kepada orang lain.

Ketiga yaitu saling tolong menolong. Seorang pasangan dalam suami istri harus memahami hak-hak dan kewajiban-krwajibannya. Misalnya dalam kehidupan keluarga terdapat banyak pekerjaan rumah tangga seperti mengurus anak, membersihkan rumah, menyediakan makanan dan lain sebagainya, hal tersebut bukan hanya kewajiban seorang perempuan, melainkan merupakan kewajiban keduanya.

Seorang wanita harus memuliaan suminya, begitu sebaliknya. Keduanya harus saling tolong menolong dalam hal pekerjaan rumah tangga serta dengan adanya pasangan hidup hendaknya semakin menambah semangat untuk meningkatkan kadar keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

Edisi Acara Walimahan di Tulungagung
23 April 2017


Perum. Bukit Cemara Tidar Blok F3 No.4
Karangbesuki Sukun, Malang
 
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar