Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Hakikat Rumah


Hasil gambar untuk rumah ideal menurut islam

Pondok Pesantren Darun Nun Malang

Oleh Ninis Nofelia

Siapa yang tidak mendambakan tempat tinggal/ rumah yang indah dan juga nyaman untuk semua penghuninya? Rumah indah saja tanpa diikuti kenyamanan rasanya tidak bisa lagi dikatakan indah. Kenyamanan adalah syarat utama untuk untuk membangun keindahan di dalam rumah. Rumah tidak saja berfungsi sebagai tempat berteduh dan istirahat, tapi hakikatnya rumah adalah madrasatul ula , yakni sekolah utama dalam kehidupan. Di dalamnya terdapat anggota keluarga yang saling menyayangi, saling menghargai, saling mendukung untuk hal-hal positif, serta lingkungan belajar pertama anggota keluarga untuk bisa menghadapi dunia di luar rumah. Betapa lingkungan rumah sangat menentukan. Bisa diibaratkan bahwa rumah adalah sebuah mesin pencetak manusia-manusia unggulan yang diharapkan tidak hanya memberi manfaat di dalam, namun jangakuannya bisa rahmatan lil alamiin yaitu mampu memberikan manfaat yang lebih luas bagi lingkungannya.
Jama’ah shubuh kali ini lebih spesial dari biasanya, karena bertepatan dengan tanggal 01 Ramadhan 1438 H. Shof sholat lebih panjang ke belakang, masyaAllah, betapa antusiasnya pemuliaan bulan Ramadhan. Ba’da jama’ah shubuh kali ini diisi dengan kultum yang dibawakan oleh ustadz Toriquddin. Beliau memaparkan bagaimana idealnya suatu rumah dalam pandangan Islam. Beliau menyajikannya dari hidangan Al-Quran surah Ibrahim ayat 37 yang berbunyi:
!$uZ­/§ þÎoTÎ) àMZs3ór& `ÏB ÓÉL­ƒÍhèŒ >Š#uqÎ/ ÎŽöxî ÏŒ ?íöy yYÏã y7ÏF÷t/ ÇP§ysßJø9$# $uZ­/u (#qßJÉ)ãÏ9 no4qn=¢Á9$# ö@yèô_$$sù ZoyÏ«øùr& šÆÏiB Ĩ$¨Z9$# üÈqöksE öNÍköŽs9Î) Nßgø%ãö$#ur z`ÏiB ÏNºtyJ¨W9$# óOßg¯=yès9 tbrãä3ô±o ÇÌÐÈ  
Ya Tuhan Kami, Sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, Ya Tuhan Kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, Maka Jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, Mudah-mudahan mereka bersyukur.
            Ayat di atas menceritakan tentang doa Nabi Ibrahim terhadap keluarga dan keturunannya. Seperti kita ketahui bersama,  Baitullah adalah sebuah lembah yang gersang namun oleh Allah dimuliakan dengan wasilah doa di atas. Hati ummat Islam dicondongkan padanya, dan rizki melimpah diruahkannya di sana. Hal ini, sebagaimana diterangkan bahwa pada hakikatnya rumah yang ideal menurut Islam adalah rumah yang penghuninya memenuhi syarat-syarat sebagimana yang diterangkan pada ayat tersebut.
            Pertama, rumah ideal dibangun dan dihuni agar digunakan untuk mendirikan sholat oleh anggota keluarganya. Sholat adalah tiang agama dan kunci pembuka segala kebaikan. Sebagaimana dalam Al-Quran pada ayat yang lain bahwa keutamaan sholat adalah dapat mencegah diri dari segala bentuk kemungkaran. Dan lebih mendekatkan seorang hamba kepada Tuhannya karena sholat merupakan sarana komunikasi terbaik bagi seorang hamba kepada Sang Khaliq. Semakin sering dilaksanakan, insyaAllah semakin intens, sehingga rumah kian dihujani petunjuk untuk melakukan kebaikan,dianugerahi taufik untuk beramal yang benar, dan ketentraman bagi seluruh penghuninya.
            Kedua, rumah yang ideal melahirkan sosok-sosok hebat karena, kedekatan antar keluarga, komunikasi yang baik secara vertikal maupun horizontal, serta dukungan dan upaya yang matang untuk semangat belajar menjadi lebih baik. Sehinga sari manfaatnya tidak hanya dirasakan di dalam, bahkan hingga ke luar rumah. Kehadirannya mampu menjadi problem solver bagi lingkungannya, sehingga banyak hati cenderung pada keluarga itu. Sehingga predikat keluarga idaman tersematkan padanya karena kemampuannya untuk menjadi uswah hasanah bagi keluarga yang lainnya.
            Dan yang terakhir, rumah yang ideal adalah rumah yang seluruh anggota senantiasa brsyukur dan  keluarganya dibesarkan dari nafkah yang halal lagi baik. Tidak hanya kehalalan dari segi dzatnya tapi juga halal dan baik dari segi memperolehnya dan mentasarufkannya. Sehingga apapun yang dimakan dan yang digunakan menjadi sebab Allah ridha terhadap keluarga itu. Jika keridhaan sudah diperoleh insyaAllah kenikmatan yang Allah berikan terasa manis hingga ke surga-Nya.
Begitulah paparan hakikat rumah yang ideal menurut pandangan Islam, semoga kita mampu membangun rumah yang tidak hanya berkualitas dari segi duniawi, tetapi juga berkualitas dari segi ukhrawi. Wallahualam bishowwab
            Ya Robbanaa, Anugerahilah kepada kami, pasangan hidup kami, dan keturunan kami sebagai penyejuk mata dan hati kami. Dan jadikanlah kami pemimpinnya orang-orang yang bertaqwa.
            Ya Tuhan kami, tempatkanlah kami pada tempat yang dipenuhi dengan keberkahan, karena Engkaulah sebaik-baiknya Pemberi tempat.

Malang, 01 Ramadhan 1438 H
Masjid Baiturrahman Bukit Cemara Tidar

www.darunnun.com
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar