Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Kajian Bahasa Inggris


Kajian Bahasa Inggris Ust. Harir
oleh: Intani Sholihah Hafizatul Husna.
PP. Darun Nun Malang

-  Listening
Pada kajian listening, Ustad menggunakan metode  listening yang sangat menarik yaitu dengan mendengarkan lagu bahasa inggris yang berjudul “ I can see you” milik dari salah satu penyanyi indonesia yang terkenal yaitu “Bondan Prakoso”. Menurut bapak Flavel (1985) dalam bukunya yang berjudul ‘ Develoving english with young learnes. Mengatakan bahwa “ Listening merupakan materi yang penting dalam bahasa inggris karena kita harus bisa mengetahui apa yang orang lain katakan kepada kita” .
 Jadi, metode pembelajaran juga sangat berpengaruh dalam belajar bahasa inggris, Supaya kita enjoy dalam belajar dan mudah mengerti.

-  Mencocokkan atau mengoreksi
Mencocokkan disini, kita melakukan pencocokan atau pengoreksian atas kata-kata yang telah kita dengar  dari listening lagu bahasa inggris tadi. Disini, kakak-kakak  sering sekali keliru ketika ada kata dalam lyric lagu i can see you  yaitu kata  “Life, live, alive, ” karena penulisan dan penyebutannya hampir sama.

-  Analisis
Dan kajian terakhir yaitu analisis, Dalam analisis ini kita menuentukan kedudukan setiap kaliamat, apakah kalimat itu masuk dalam Noun, adv, adj, gerund, part participle,... etc. Sama halnya ketika kita mempelajari bahasa arab, kita juga menentukan apakah ia termasuk dalam Isim, fiil, atau huruf. Dalam kajian malam ini Ustad menjelaskan tentang Perbedaan Gerund dengan Part Participle. Menurut pemahaman yang dapat saya ambil dari penjelasa ustad adalah  :
•  Gerund adalah kata kerja (V) yang di noun kan ( V  N) + ing , sehingga bis berfungsi sebagai subyek, obyek, modifier, object of verb, Short prohibition, dan HM (Head modifier)

Contohnya :  jika Gerund menempati posisi sebagai subyek  :
 Fishing makes me happy.
Contohnya :  jika Gerund menempati posisi sebagai obyek :
My hobby is cooking 
Contohnya :  jika Gerund menempati posisi sebagai Modifier :
Swimming pool.




Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar