Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

NGAJI LITERASI 'MENYAJIKAN ARTIKEL'

Hasil gambar untuk artikel


Ngaji Literasi "Menyajikan Artikel" Bersama Ustadz Muh. Arafik, M.Pd.
Oleh Evi Nurjanah

Ngaji literasi pada senin malam, 6 Maret 2017 ini memberbincangkan tentang jenis tulisan apa yang pertama kali akan disajikan oleh santri Darun Nun. Berbagai jenis tulisan telah terangkum dalam catatan kecil hasil diakusi para santri minggu lalu, yakni meliputi puisi; artikel; esai; resensi; reportase (news); cerpen; novel; kata mutiara; pantun; ulasan; opini; dan kisah inspiratif.

Berawal dari sebuah pertanyaan dari Ustadz Muh. Arafik, M.Pd. yang biasanya kita sapa dengan Ustadz Rofik. Beliau memancing para santri untuk menentukan jenis tulisan yang akan dipelajari dan ditulis sebagai hasil pembelajaran pada minggu pertama bulan ketiga ini. Para santri lantas berembuk memilih satu dari berbagai jenis tulisan yang telah dicanangkan.

Sebagai hasil dari sebuah kesepakatan bersama, terpilihlah artikel sebagai jenis tulisan yang akan kita pelajari dalam seminggu ini.

Ngaji masih berlanjut, Sang Guru Kepenulisan pun menyuguhkan satu pertanyaan kepada semua santri, "apa alasan Kalian memilih artikel?" beliau tanya dengan mantapnya.

Beberapa santri menjawab dengan beberapa kalimat, dan beberapa santri lainnya menjawab hanya dengan anggukan, tanda bahwa ia sepakat dengan jawaban yang telah tersampaikan. Hasilnya telah terangkum dalam beberapa poin, kami memilih artikel karena:
-Mengetahui perbedaan dengan jenis tulisan lainnya
-Ingin mengisi kolom artikel di beberapa media cetak
-Ingin menulis artikel karena sebelumnya belum pernah menulis jenis karya tersebut

Setelah mengetahui beberapa alasan memilih jenis tulisan, Pengajar kami lanjut dengan menyuguhkan pertanyaan kedua, yakni "apa yang Kalian ketahui tentang artikel?" tanyanya beliau dengan penuh penasaran.

Beberapa santri pun menjawab secara bergantian. Ustadz pun menyimpulkan jawaban kami dengan ditambah beberapa penjelesan tentang artikel. Beliau menjelaskan bahwa artikel merupakan sebuah hasil pengkajian yang dikaji oleh penulis tentang suatu fenomena atau kejadian. Artikel terdiri dari dua macam, artikel penelitian dan artikel pemikiran. Artikel ditulis dengan bahasa ilmiah, namun terdapat pula artikel yang penulisannya tidak hanya ilmiah namun diselingi beberapa bahasa sastra, artikel tersebut selanjutnya disebut dengan artikel ilmiah populer.

Berlanjut ke ilmu berikutnya, setelah beliau mengenalkan artikel kepada kami, beliau memberikan trik atau teknik untuk menulis artikel yaitu dengan cara pemodelan. Dengan cara mencari contoh artikel, kemudian dibaca secara berulang-ulang hingga kita menemukan model seperti apa yang akan kita contoh dalam menyajikan artikel.

Beliau juga menyisipkan dengan beberapa kalimat petuah. "Jangan pernah ragu untuk meniru tulisan lain bagi anda para penulis yang sedang mengasah ketrampilan. Karena sebagai pemula dibutuhkan sebuah model sebagai permisalan. Karena pada akhirnya anda akan menemukan gaya tulisan anda sendiri dan akan meninggalkan pemodelan tersebut.

Begitu bersemangat beliau dalam menyampaikan materi kajian pada malam itu. Sebagai sebuah bekal atau saku, beliau memberikan tugas kepada santri Darun Nun yakni:

Setiap santri diharapkan dapat menentukan model yang akan ia contoh dalam menulis artikel. Model tersebut selanjutnya discreenshot atau difoto dan dikirimkan ke grup. Tugas selanjutnya adalah menulis artikel dan tulisan tersebut dikirim ke grup agar Ustadz dapat memberikan catatan-catatan.

Demikian rentetan agenda rutinan mengaji kepenulisan bersama Ustadz Muh. Arafik, M.Pd.

www.darunnun.com

Pondok Pesantren Darun Nun
Perum. Bukit Cemara Tidar blok F3 no. 4
Karangbesuki Sukun, Malang

Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar