Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Semangat Menuntut Ilmu

Oleh : Zeta Ennika Aracy




Daun yang masih terbasahi oleh sejuknya embun pagi, seakan akan ingin berkata semangatlah menyambut harimu yang penuh dengan tantangan hari ini. Hmm.. Pagi itu Dini dan Firda akan berangkat kuliah. Dini yang akan bergegas berangkat, sudah siap sambil menggendong tas ransel ungunya.. Sedangkan Firda masih duduk terdiam dipojokan dengan muka sendu. Firda terlihat murung sekali hari itu. Akhirnya Dini pun bertanya kepada Firda. "Lho Fir ada apa , pagi pagi kog udah nekuk nekuk muka gitu? Ada apa toh ada apa ? sini cerita. "ujar Dini kepada Firda.
Tiba - tiba si Firdapun menangis tersedu sedu, diihadapan Dini. Lalu si Firdapun mencoba menenangkan Dini. "Kenapa Din ? Sini cerita kog tiba tiba nangis". Lalu si Firdapun cerita , "Din aku lg pusing berkali kali aku ikut tes buat dapat beasiswa tp selalu aj gagal. Padahal persyaratan Toefl dll itu udah memenuhi syarat. Tp kenapa ya din kog masih aj ndk ada yang nyantol ya? Sampek aku sendiri uda lelah berkali kali nyoba tapi tetep aja". Lalu si Dini pun berkata , udah sabar dulu Fir sabar
مَْن سَلَكَ طَرِْيقًا َيلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا ِإلىَ اْلجَنَّةِ (رواه مسلم
Barang siapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu, Allah akan mudahkan baginya jalan ke surge (HR Muslim)
يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.s. al-Mujadalah : 11)

Coba dibaca dulu Fir ayat disini menjelaskan bahwa ALLAH SWT ridho dan senang dengan mereka yang berjihad dalam menuntut ilmu sehingga ALLAH SWT akan mengangkat derajatnya. Sudah jelaslah bahwa seseorang uslim yang ikhlas dalam menuntut ilmu akan mendapatkan manfaat dan keutamaan yang besar.

Nah Firda.. jadi bagaimanapun susahnya kita kalo nawaitu tolibul ilmi insyaAllah Allah akan mengangkat derajat kita. Dan yang penting sabar Fir , Allah tau yang terbaik menurutNya. InsyaAllah kalo uda maksimal berusahanya dan doanya nanti pasti Allah kasih mudah kog. Yang jelas niatnya ikhlas dan lillah. Uda jangan sedih jangan nangis lagi. Kamu harus sabar , mungkin itu blm rejekimu. Allah tau yang terbaik Firda. Diniatkan lagi Firda nawaitu tolibul ilmi lillah. Biar ndak ada perasaan ngeluh. Semoga kita senantiasa dipermudah yaa Fir. Km harus sabar , ayo sekarang berangkat kuliah. Jangan cmn gara gara itu kamu berhenti berusaha untuk belajar. Ayo siap siap Fir , aku tunggu deh. Kita berangkat bareng. Lalu si Firdapun bergegas untuk berangkat kuliah.


Pondok Pesantren Darun Nun Malang


Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar