Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

MERANGKUM DENGAN EFEKTIF


Oleh: Dyah Ayu Fitriana

Merangkum dengan Efektif

Tulisan yang detail dan panjang memang memberi pengetahuan yang lebih banyak. Akan tetapi beberapa orang memilih untuk membaca poin-poin penting rangkumannya saja. Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk membuat sebuah ringkasan yang baik.


1. Baca tulisan asli dengan seksama. Pastikan point tulisan yang ingin disampaikan oleh penulis dapat kita tangkap. Kita bisa memanfaatkan daftar isi tulisan untuk memahaminya.

2. Dapatkan ide pokok di tiap paragraf. Hal ini penting agar rangkuman yang akan kita tulis tidak melenceng dari tulisan asli.

3. Mulailah menulis rengkuman dengan bahasamu sendiri. Gunakan kesan umum tulisan dan ide pokok tiap-tiap paragraf untuk menyusunnya. Boleh sesekali melihat tapi tetap gunakan bahasamu sendiri ketika menulisnya.

4. Pastikan rangkuman ditulis dengan bahasa yang lebih sederhana agar memudahkan pembaca.



Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar