Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

THE ART OF DECISION MAKING

Oleh Dyah Ayu Fitriana

Tujuan? Pilihan?

Ada banyak orang di luar sana yang untuk menentukan tujuan, menetapkan pilihan, itu susahnya setengah mati. Seperti ini bukan salah, namun memang butuh dilatih agar bisa lebih mandiri dan bisa membuat keputusan sendiri kelak. Jika anda berjalan di rak-rak buku perpustakaan atau toko buku, pasti banyak buku panduan untuk membuat keputusan. The art of decision making. Ya, disebut "the art", ia unik dan tak banyak orang dapat melakukannya dengan tepat. Tapi jangan khawatir, dapat dilatih.



Banyak latar belakang penyebab seseorang sulit untuk membuat keputusan. Bisa karena kepribadian yang memang kurang percaya pada kemampuan diri, atau sejak kecil tidak terbiasa dengan membuat keputusan sendiri. Lingkungan, keluarga dan teman memiliki andil yang besar dalam kemampuan ini.

Selain itu kurangnya informasi terkait hal yang akan diputuskan, terlalu banyak informasi, terlalu banyak anggota yang akan membuat keputusan juga menjadi alasan susahnya membuat keputusan. Menurut Jim Taylor Ph.D. Ada beberapa pertanyaan yang bisa digunakan untuk belajar membuat keputusan. 

Pertama, tanyakan Mengapa kita memilih keputusan ini? Dengan melakukan tahapan ini, sama saja dengan menguatkan alasan kenapa sih kita  harus melakukan hal ini? kenapa kita milih ini?
Keduaalternatif apa saja yang ada? dengan mengetahui semua alternatif yang ada, kita dapat meluaskan penglihatan kita. Mendapatkan penglihatan baru bahwa banyak alternatif yang lain yang dapat terpilih. Sehingga dapat dibandingkan dengan pilihan yang telah kita buat.
Ketiga, akibat apa yang harus berani kita terima atas pilihan yang kita buat? Siap dengan keputusan berarti siap menerima semua konsekuensi yang mengikutinya.
Keempattanyakan kembạli apakah pilihan terakhir itu berubah atau tetap di pilihan awal?Segala pilihan tentu ada konsekuensinya, sehingga pilihan terakhir pun harus melewati pertanyaan-pertanyaan sebelumnya.

Membuat keputusan memang bukan hal yang mudah. Butuh leadership, kepercayaan, good intusi dan alasan yang menyertai. Tapi kita harus percaya bahwa kita bisa membuat keputusan dalam kehidupan kita. Setiap kita adalah pemain dalam kehidupan ini. Memilih jalan juang yang akan kita tempuh adalah hal penting. Sebelum memilih alangkah baiknya bisikkan pertanyaan pada Allah mana yang terbaik yang harus dipilih. Lalu pilihlah dan tetap mintalah pada Allah agar Ia menemanimu selalu dalam menjalani dan memperjuangkan keputusanmu.

Selamat memutuskan mana jalan juangmu! :)

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar