Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Pesantren Sebagai Tempat Investasi Akhlak Mulia


oleh
Nur Sholikhah 

            Salah satu masalah serius yang dihadapi oleh bangsa ini adalah kemerosotan akhlak di kalangan remaja. Di banyak media kita sudah sering melihat kasus-kasus yang berhubungan dengan masalah tersebut , misalnya tawuran antar pelajar, penyalahgunaan narkoba , pergaulan bebas, pembunuhan, pencurian dan tindakan kriminal lainnya. Berbagai masalah itu membuat kita merasa miris, bagaimana tidak ? usia remaja merupakan usia yang paling penting dimana semangat dan kesempatan untuk membuat bangsa ini maju masih bergelora. Kita pasti tahu bahwasannya pemuda merupakan generasi penerus bangsa. Dan jika para penerus itu terus mengalami kemerosotan akhlak ,lalu bagaimana nasib bangsa kita nanti ?

            Hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya untuk membentuk akhlak para generasi penerus bangsa sejak dini melalui terobosan-terobosan guna menciptakan kader-kader bangsa yang  berakhlak mulia. Salah satu terobosan itu adalah melalui lembaga pendidikan pesantren. Karena pesantren merupakan lembaga pendidikan islam yang tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama tetapi juga pendidikan moral atau akhlak.

            Di dalam pesantren kita dituntut untuk memahami agama dengan benar dan juga berakhlak baik dengan siapapun. Pesantren turut mengambil peran yang besar dalam mencerdaskan rakyat dan membentuk pribadi yang tangguh, taqwa serta berakhlak mulia. Oleh karena itu pesantren merupakan tempat yang cocok untuk berinvestasi akhlak pada anak-anak kita. Tidak ada salahnya kita memasukkan anak kita ke pesantren pada usia SD atau SMP, karna dengan begitu kita telah menginvestasikan akhlak pada mereka sejak usia dini.

            Pada zaman ini, pesantren tidak hanya mengajarkan tentang ilmu-ilmu agama saja melainkan juga ilmu pengetahuan umum. Tak jarang pesantren juga mengajarkan ilmu tentang kemasyarakatan, bagaimana cara yang baik untuk bergaul dengan masyarakat ? hal-hal apa yang bisa kita lakukan agar bermanfaat bagi masyarakat dan lain sebagainya. Pada intinya pesantren menyiapkan generasi yang mempunyai pribadi tangguh, taqwa dan berakhlak mulia untuk terjun ke dalam kehidupan bermasyarakat.

            Dengan mempunyai akhlak yang mulia ,seseorang akan sebisa mungkin untuk menjauhi perbuatan-perbuatan yang bersifat negatif seperti tawuran, penyalahgunaan narkoba , pergaulan bebas, pembunuhan, pencurian dan lain sebagainya. Sehingga pesantren akan mampu mencetak generasi penerus bangsa yang mampu membawa bangsa ini maju dan berkembang di kancah internasional dengan kepribadian dan akhlak yang mulia.
        
   


Pondok Pesantren Darun Nun
BUKIT CEMARA TIDAR MALANG
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar