Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

BBM (Bulan Barokah Maghfiroh)



Saya pernah mendengar sebuah ceramah dari KH.Anwar Zaid (seorang kyai yang berasal dari Bojonegoro) tentang bulan ramadhan. Dalam ceramahnya , beliau mengatakan bahwa bulan ramadhan adalah bulan barokah maghfiroh atau lebih singkatnya adalah BBM. Dimana pada bulan tersebut Allah memberikan keberkahan dan pengampunan bagi hamba-Nya yang beribadah dengan baik dan ikhlas.

            Dalam BBM kita pasti sudah mengetahui akan 3 hal yaitu PREMIUM, PERTAMAX dan SOLAR. Apa pengertian dari ketiga hal tersebut ? saya akan menjelaskannya di bawah ini.


  • PREMIUM (prei makan dan minum) . Prei (jawa) dalam bahasa Indonesia berarti libur. Puasa berasal dari kata shaum yang secara bahasa artinya menahan atau mencegah. Sedangkan menurut syariat ialah menahan diri dari nafsu seperti makan dan minum dan segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. 
  • PERTAMAX (perangi tabiat maksiat). Dalam kamus besar bahasa Indonesia ,maksiat adalah perbuatan yang melanggar perintah Allah; perbuatan dosa (tercela, buruk, dan sebagainya). Maksiat tidak terbatas pada perbuatan zina atau mengkonsumsi minuman keras saja, tetapi juga mencakup perbuatan tercela lainnya seperti mencuri, menyebar fitnah, memakan makanan haram, sumpah palsu dan lain sebagainya.  
Dalam bulan yang mulia ini kita harus bisa menghindari perbuatan maksiat , karena perbuatan tersebut tidak hanya merugikan diri sendiri melainkan juga orang lain. Tidak hanya pada bulan ramadhan saja kita diperintahkan untuk menghindar dari perbuatan tercela , tetapi juga pada bulan-bulan lainnya.
  • SOLAR (sholat lebih rajin), di bulan ramadhan Allah melipatgandakan pahala kepada hamba-hambaNya yang rajin beribadah dengan ikhlas. Oleh karena itu kita harus bisa meningkatkan ibadah kita dengan melakukan shalat-shalat sunnah, seperti shalat dhuha, shalat tahajud, shalat sunnah rawatib dan lain sebagainya.


Selama kita masih diberi kesempatan untuk bisa beribadah di bulan suci ini, mari kita gunakan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Jangan biarkan waktu anda terbuang sia-sia karna mengerjakan hal-hal yang tidak berguna. Lebih  baik gunakan waktu anda untuk beribadah kepada-Nya , menuntut ilmu, dan mengerjakan perbuatan-perbuatan terpuji lainnya. Selamat menunaikan ibadah puasa !




Nur Sholikhah
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
BUKIT CEMARA TIDAR
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar