Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Pesantren Ideal (Dalam kacamata ekonomi)

Pondok Pesantren Darun Nun Malang



Apa sih pesantren ideal itu?
Bagaimana pesantren ideal dalam kacamata ekonomi??

Eits, jangan bingung dulu yee,,,
Baca dulu cerita dibawah ini,,
Dalam suatu forum arisan, Ibu ketua dan anggota arisan sedang bermusyawarah membicarakan bagaimana agar acara arisan tidak hanya mengurus siklus uang, akan tetapi ada kegiatan lain.

 Ibu ketua mulai membuka diskusi,
Ibu ketua: “Ibu-ibu yang saya sayangi, bagaimana kalau kita mengadakan pelatihan membuat kerajinan tangan, seperti piring dari anyaman bambu, manik-manik untuk bros, hiasan dinding, membuat kue, memasak dll, supaya kita punya keterampilan.

Salah satu ibu-ibu di deretan belakang, namanya Bu Aria mengangkat tangan dan menyahut; “Setuju banget bu, apalagi sekarang sudah masuk MEA (masyarakat ekonomi asia), kita harus kreatif untuk menciptakan produk sendiri, kalau yang kita buat tadi bisa kita jual, lumayan bisa jadi pemasukan”
Disahut ibu-ibu yang lain: "Iya bu, bisa untuk kesibukan kita juga, daripada tidak ada kegiatan dirumah. Saya kira akan membuat lebih bermanfaat waktu kita nantinya.

 Beberapa ibu-ibu menyahut;"iya bu,,setuju,,setuju"
Ibu ketua; "iya ibu-ibu,,,berarti ini kita setuju ya kalau diadakan pelatuhan-pelatihan seperti itu?"
Dengan seretntak para ibu-ibu menjawab: "setujuuu,,,,"

Ibu ketua; "Tapi kita ada masalah. Untuk saat ini, di kampung kita tidak ada warga yang ahli di bidang-bidang itu, kalau kita harus mendatangkan dari luar bisa dipastikan biaya sangat mahal.
Salah satu ibu-ibu di deretan depan, sebut saja namanya bu Lia  menyahut; “Tetangga saya ada bu, dia baru lulus dari pesantren, mbak Fitri namanya”

“Loh,,,memang bisa bu? Bukannya lulusan pesantren bisanya ngaji kitab-kitab, qiro’ah, tilawah”, Sahut salah satu ibu

“Wahhh,,,gak tau juga ya bu, tapi kemarin saya lihat dia dirumah membuat manik-manik dari bahan bekas, coba kita tanya saja bu”

Ibu ketua: “Oke,kalau gitu untuk saat ini kita minta Bu Lia untuk menanyakan perihal ini kepada saudari fitri, lulusan dari pesantren itu. Bagaimana Bu Lia? Nanti bisa sama saya”.

Ibu Lia: “iya bu, siapp"
Besoknya bu ketua dengan bu lia berkunjung kerumah fitri

"Assalamu’alaikum"
"Wa’alaikumsalam,  ohh,,bu lia dan bu ketua arisan,,iya bu. Silahkan duduk.
"Jadi gini mba fitri, ibu-ibu arisan di kampung kita sedang mencari tentor untuk pelatihan membuat kerajinan tangan. Saya lihat beberapa hari yang lalu mba lia membuat kerajinan tangan ya"? Tanya Bu lia

Fitri: “ohh,,,iya bu, saya kemarin membuat hiasan dinding dari sedotan bekas”.

“Owlah,,,dek lia bisa ? bukannya dipesantren hanya ngaji saja ya? Setahu saya lulusan pesantren bisanya ngaji kitab, qiro’ah, tilawah dll”.
Sahut ibu ketua.
“Lha ini juga ngaji bu, ngaji keterampilanJ.
Jadi, dulu waktu dipesantren selain ngaji kitab, qiro’ah, dan tilawah semua santri diajari kerajinan tangan ,salah satunya membuat hisaan dinding dari sedotan bekas. selain itu,  juga ada memasak, membuat kue dll”.

Bu Lia: ”Wahh,,bagus ya, itu artinya lulusan pesantren mempunyai banyak keterampilan untuk masa depannya kelak”."
Fitri:”Benar sekali ibu, paling tidak untuk bekal keluarganya kelak”.

“Iya dek Fitri, terlebih lagi kalau hasilnya mmenunyai nilai lebih dan bisa dijual. Bisa membantu ekonomi keluarga”, sahut bu Lia

hemmm,,,,jngan lupa bu, tidak hanya ekonomi keluarga, tapi juga ekonomi masyarakat kita, “Lanjut Bu Lia”

“iya bu,,benar2”, kata bu Lia


Pintar itu santri
Rajin itu santri
Kreatif itu santri
Pemimpin masa depan itu santri
Pembawa perubahan ke arah yang lebih baik itu santri

Pesantren ideal dalam pandangan penulis yaitu yang mampu manghaslikan output yang bermanfaat.
bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan orang lain tentunya. Dan salah satunya kebermanfaatan dalam segi ekonomi (pendapatan).


By:
Laila Nadhifah
      Pondok Pesantren Putri Darun Nun
      BCT F.3 No.4



Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar