Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Pesantren Impian Perspektif Fisika


Dalam zaman modern ini, pesantren tidak bisa dipandang dengan mata sebelah lagi. Karena banyak kita lihat jebolan pesantren juga memiliki kemampuan luar biasa yang bisa mengalahkan jebolan bukan pesantren. Maka ini menjadi pertanyaan besar bagaimana mencetak generasi pesantren yang bisa mumpuni di bidangnya, professional, budi yang agung, dan memiliki skill yang bisa bermanfaat untuk masyarakat. Santri yang tidak hanya mahir ketika membaca kitab, namun pandai juga membaca keadaan zaman kemudian mampu memberikan solusi dalam setiap permasalahan. Santri yang tidak hanya taat pada titah Kiai namun pandai juga bersosialisasi dengan berbagai kalangan masyarakat. Santri yang bukan hanya dakwah di dalam masjid tapi mampu juga menebar kebaikan dimanapun dan kapanpun dengan sikap dan tutur kata yang mulia.

Jika kita ingin menelaah sedikit kehidupan sehari – hari kita tentu tidak akan bisa berpisah dengan asas-asas Fisika. Coba saja kita lihat, setiap lampu yang menjadi penerang dirumah kita, Ayah yang mengendarai sepeda motor, Ibu yang sedang memasak atau menyetrika, atau kita sendiri yang sedang menggunakan laptop ketika membaca tulisan ini. Ini semua tidak akan terlepas dari yang namanya Energi. Semua membutuhkan energi yang kita peroleh dari sumber daya alam yang tidak bisa di perbaharui. Maka dalam ilmu fisika, kita sangat dianjurkan untuk menghemat energi tersebut, misalnya lampu yang tidak kita gunakan sebaiknya dimatikan, jika perjalanan yang akan kita tempuh tidak terlalu jauh alangkah baiknya kita jalan kaki, hitung hitung juga olahraga dan tentu menghemat BBM, dan banyak lagi keseharian kita yang kadang kita anggap sepele padahal akan berdampak besar. Karena energi yang ada di dalam bumi kita ini tentu sedikit demi sedikit akan berkurang dan akan habis. Lalu apa yang akan menjadi bekal untuk anak cucu kita nanti dalam mengarungi kehidupannya? Jika kita saat ini tidak mampu berhemat dalam keseharian kita. Untuk itu sangat diperlukan energi energi terbarukan untuk mengganti energi yang akan punah ini.

Maka pesantren impian perspektif fisika bisa kita bangun dengan pesantren yang mandiri. Dimana selain santri belajar agama, santri juga akan dibekali dengan ilmu alam dan kehidupan, seperti bertani, beternak, atau wirausaha. Mindset mereka dibangun dengan paradigm yang harus menciptakan lapangan kerja sendiri, bukan mencari lapangan kerja. Mental mereka haruslah pekerja keras yang tangguh, yang punya mimpi mimpi besar. Selain mereka ahli dalam ilmu agama, mereka juga tidak gagap teknologi sehingga tahu perkembangan zaman. Karena hidup dibutuhkan keseimbangan antara dunia dan akhirat, bekerjalah seakan akan engkau hidup selamanya, dan beribadahlah seakan akan kamu akan mati besok pagi.
Wallahua’lam

Izzati Ruba’ie

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar