Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Keseimbangan Pondok Pesantren

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Evi Nurjanah

Suatu Majelis pencetak Sumber Daya Insani yang bermanfaat bagi umat, sebuah tempat yang pas untuk mencetak insan-insan berakhak mulia, serta lembaga yang memiliki cita-cita luhur, tujuan yang agung serta kebiasaan yang mapan dalam membentuk insan yang baik perilaku dan manfaat adanya yakni Pondok Pesantren.
Pondok Pesantren merupakan sebuah wadah pembelajaran dan pendidikan. Sebuah persemayaman yang menghendaki semua yang nyantri agar bertempat tinggal dan mengikuti segala rutinitas yang sudah terjadwal di dalamnya. Lembaga pendidikan dan pengajaran yang tentunya memiliki ciri khas dibandingjan dengan lembaga pendidikan lainnya. Pesantren merupakan sebuah tempat yang memberikan fasilitas pengajaran utama berupa pengetahuan agama. Macam-macam pondok pesantren menurut Bahri Ghozali dapat dibedakan menjadi tiga macam. 
Pertama, Pondok Pesantren Tradisional yaitu pondok pesantren yang menyelenggarakan pelajaran dengan pendekatan tradisional. Pembelajaran ilmu-ilmu Islam dilakukan secara individual atau kelompok dengan konsentrasi kitab-kitab klasik berbahasa Arab. Penjajakan tidak didasarkan pada satu waktu, tetapi berdasarkan kitab yang dipelajari. Kedua, Pondok Pesantren Modern yaitu pondok pesantren yang melakukan kegiatan pendidikan dengan pendekatan modern melalui suatu pendidikan formal, baik madrasah ataupun sekolah, tetapi dengan klasikal. Ketiga, Pondok Pesantren Komprehensif yaitu pondok pesantren yang sistem pendidikan dan pengajarannya gabungan antara yang tradisional dan modern. Artinya di dalamnya ditetapkan pendidikan dan pengajaran kitab kuning dengan metode sorogan, bandongan, wetonan, namun secara reguler sistem persekolahan terus dikembangkan. Terdapat berbagai contoh pondok pesantren modern yang telah berdiri di Indonesia di antaranya Pondok Pesantren Al-Khairot, Darussalam Gontor, Aamanatul Ummah, dan masih banyak yang lainnya. Selanjutnya, apakah ketiga jenis pondok pesantren tersebut telah dikatakan ideal? Seperti apakah pondok pesantren yang idelal?
Ketiga jenis pesantren tersebut memiliki kelebihan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Pondok Pesantren komprehensif merupakan pondok pesantren yang merupakan modifikasi antara keduanya, sehingga jenis ketiga inilah yang mendekati kata ideal. Dari ketiga jenis pondok pesantren tersebut maka dapat dirumuskan bahwa Pesantren yang ideal merupakan pesantren yang memberikan pengajaran dan pendidikan kepada santri-santrinya tidak hanya terkait ilmu agama, namun juga pengetahuan umum dan pengembangan teknologi yang dilakukan dengan sistem persekolahan. Pesantren yang ideal merupakan sebuah lembaga yang mampu memberikan pendidikan dan pengajaran tidak hanya kepada santrinya namun juga kepada masyarakat sekitarnya. Artinya lembaga tersebut selain memiliki kewajiban untuk mendidik santri agar menjadi insan yang bermanfaat, juga memiliki peran sebagai suatu wadah yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar, baik berupa pengajaran melalui majlis ta’lim maupun dalam bidang lainnya seperti dalam bidang perekonomian.
Pondok pesantren ideal memberikan pengajaran berupa ilmu agama, pengetahuan umum dan pengembangan teknologi. Ilmu agama diberikan sebagai bekal santri untuk menjalan aktivitas sesuai dengan syariat yang telah ditentukan agama. Sedangkan pengetahuan umum dan pengembangan teknologi sebagai tambahan keahlian sekaligus bekal untuk santri memanfaatkan waktunya di dunia. Sehingga yang disebut sebagai pondok pesantren ideal adalah pesantren yang memberikan fasilitas pendidikan yang tujuan utamanya akhirat namun tidak mengesampingkan permasalahan dunia. Istilah yang sesuai dengan pernyataan ini dalam bahasa akuntansi disebut dengan istilah “Balance” yang artinya seimbang, sehingga selain menjalankan syariah secara benar, santri-santri juga dibelaki skill sesuai dengan minat masing-masing dalam kaitannya dengan urusan dunia.
Selain itu, pesantren yang ideal tidak hanya memberikan pengajaran dan pendidikan kepada santri yang mondok di dalamnya, melainkan juga kepada masyarakat sekitar yang berdomisili di sekitar wilayah pondok. Pesantren dapat bekerjasama dengan berbagai lembaga di suatu daerah dalam rangka mengadakan majlis ta’lim secara rutin. Majlis ta’lim tersebut dapat dilaksanakan di dalam lingkungan pondok maupun di luar lingkungan pondok pesantren. Artinya, masyarakat sekitar pondok yang sudah berumur lebih dari usia santri umumnya tetap dapat mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu meskipun tidak tinggal di dalam pondok pesantren.
Pondok Pesantren yang ideal memberikan manfaat kepada masyarakat dalam bidang selain pendidikan di antaranya dapat dilakukan dengan membangun sebuah usaha di lingkungan pondok pesantren maupun di luar kawasan pondok dengan melibatkan masyarakat sekitar. Hal ini dapat bertujuan untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang masih pengangguran. Usaha yang dapat didirikan oleh pondok pesantren beragam macamnya, misalnya membuka sebuah toko alat tulis, membuka koperasi bahkan membuka Baitul Maal. Dana yang digunakan dalam membuka suatu usaha dapat diperoleh dari bantuan berbagai donatur dapat pula dari iuran pihak pondok pesantren itu sendiri, misalnya pondok pesantren membuka infak bagi semua walisantri yang memiliki keinginan untuk memberikan sebagian hartanya untuk dikelola oleh pondok pesantren. Dengan membuka suatu Baitul Maal misalnya, sebuah pondok pesantren dapat memutar dana yang ada untuk dipinjamkan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan dengan akad-akad yang sesuai dengan syariah. Membuka suatu badan usaha ini dapat pula memberikan ruang kepada santri untuk belajar berwirausaha dan mengamalkan ilmu-ilmunya. 
Keberadaan pondok pesantren tidak hanya terkotak khusus untuk santrinya, namun terbuka lebar untuk siapa saja khususnya masyarakat sekitar yang ingin untuk sekadar berkonsultasi maupun menambah pengetahunnya.


Bukit Cemara Tidar
Karangbesuki Sukun, Malang 
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar