Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Generasi Emas Hasil Pupukan Pesantren

Pondok Pesantren Darun Nun Malang

Nur Alfiyatul Hikmah


Pendidikan merupakan tonggak bangsa yang sangat penting dalam kehidupan. Pendidikan dimulai sejak dini dengan sarana yang lebih berdaya saing tinggi agar tidak ketinggalan zaman dengan negara-negara yang lainnya. Dalam pembangunan nasional pendidikan sangat berperan penting maka dari itu pemerintah mulai menyiapkan pendidikan yang layak kepada bangsanya. Pendidikan adalah suatu proses untuk mempersiapkan generasi emasnya menuju daya saing tinggi dengan fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah.

Generasi emas sebagai penerus bangsa yang sangat produktif, berharga dan sangat bernilai. Maka dari itu generasi emas mulai saat ini harus dikelola dengan baik dan difasilitasi sesuai kebutuhan. Generasi emas mampu mengembangkan segala ketrampilan yang dimilikinya asalkan mendaptkan dukungan yang kuat dari berbagai pihak baik keluarga, teman, lingkungan, maupun dari orang lain.
Mencetak generasi emas pun tidak semudah yang kita bayangkan, generasi emas saat ini mulai menurun tingkat prestasi. Kebanyakan mereka mendapatkan didikan bukan dari pesantren namun mendapatkan didikan dari film-film yang tidak bertanggung jawab akan akhlak, moral yang terkandung dalam film tersebut. Saya sebagai penulis miris melihat hal-hal aneh yang sekarang sering muncul di media sosial.


Akhlak generasi emas harusnya dipupuk dari pesantren agar kelak mereka berakhlak mulia, beradab, memiliki daya saing tinggi serta mampu mengemban amanah yang sudah diamanahkan kepadanya.
Pesantren merupakan tempat pendidikan yang paling aman dari pada pendidikan diluar pesantren, lihat saja moral generasi emas banyak yang ikut-ikutan dunia luar, semakin rusak. Jangankan generasi emas saja yang kita lihat, coba tengok pendidiknya apakah mereka dalam mendidik sudah mulai benar?? Tentu saja kebanyakan dari mereka saja bukan lulusan pesantren yang memiliki visi dan misi yang mulia.

Generasi emas dipupuk di pesantren agar genrasi emas ini tidak hanya cerdas dalam intelektual saja namun juga memiliki kecerdasan agama serta kedalaman spiritual yang berdedikasi tinggi dalam memajukan kemajuan bangsa. Pengetahuan berbasis agama juga dipersiapkan secara matang untuk menghadapi tantangan global dengan hati dan otak pikiran yang cerdas dan tetap memegang teguh nilai-nilai agama.

Pendidikan berbasis pondok pesantren mampu mencetak para generasi emas yang memiliki pengetahuan agama islam dan memiliki tangung jawab terhadap kehidupan beragama dan berbangsa, serta membentuk pribadi yang unggul dan bisa dibanggakan oleh ummat dan perkembangan zaman. Tidak diragukan lagi bahwa pendidikan dipesantren zaman sekarang ini bukan hanya mengkaji kitab yang tebal saja akan tetapi kajian di dalam pesantren juga ada ilmu kewirausahaan, kerumahtanggan, kepenulisan, kebersamaan dll.

Para orang tua seharusnya sadar akan pendidikan pesantren yang akan membawa anaknya menuju generasi emas yang dibanggakan oleh bangsanya serta agamanya. Insyaallah, hasil pupukan dari pesantren akan membawa kedamaian serta kesejahteraan bagi bangsa dan agamanya.
 
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar