Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Caramu Memilih Bacaan Menentukan Kualitas Kehidupanmu

Oleh:
Farla Aunun Siha 
Pondok Pesantren Darun Nun Malang 


Ketika kita berada di took buku, banyak sekali terpajang buku-buku dengan berbagai macam genre. Mulai dari komik, novel, buku pelajaran, buku pemikiran, buku agama dsb.  Namun dengan banyaknya buku-buku tersebut bukan tidak mungkin kita akan menemui masalah. Masalah itu khususnya ada pada diri kita sendiri. Mengapa justru masalah? Sebenarnya tidak, hanya saja ini masalah tentang kebijaksanaan kita dalam menentukan buku apa yang sebaiknya kita konsumsi. Terkadang dari sekian banyak buku tersebut, kita seringkali lalai dengan kebutuhan dan kepentingan kita akan maksud dari membaca buku tersebut. Oleh karena itu, kita sebagai calon pembaca tentu harus bisa bijak dalam menentukan buku. Buku apa yang sekiranya menjadi prioritas kebutuhan kita.
Sebagai seorang muslim, kita mendapat amanah dari Allah sebagai khalifah di bumi ini. Sebagai pemimpin di bumi, tentu kita di tuntut untuk mengelola, mengolah, menjaga, melestarikan berbagai macam isi dari bumi tersebut. Untuk melaksanakan tugas tersebut, dibutuhkan ilmu yang banyak dan mendalam melihat isi bumi tersebut sangat banyak sekali. Sebagai seorang muslim sekaligus pemimpin bumi, kita harus mempelajari banyak hal dengan cara membaca buku-buku yang berkaiatan dengan kehidupan. Kita tidak anjurkan hanya berpaku pada satu jenis buku saja. Tetapi sendi kehidupan ini di kelilingi berbagai macam aspek yang tentunya sangat penting agar dalam mengayuh hidup ini dapat berjalan seimbang.
Perlu diketahui bahwa seluruh buku bacaan itu memiliki manfaat. Kita tidak boleh berburuk sangka dengan kebermanfaatan sebuah buku. Boleh jadi dari buku tertentu tersebut, kita bisa memetik pelajaran yang kita tidak bisa peroleh dari buku lain. Tinggal kita bisa mengolah atau tidak hikmah-hikmah yang dapat dipetik dari buku tersebut.
Di sini akan disebutkan 10 buku yang menjadi prioritas khususnya untuk kita sebagai muslim.
1.  Al-Qur’an
Tidak bisa dipungkiri bahwa al-qur’an adalah kitab agung yang tidak ada tandingannya. Sebagai muslim wajib untuk membaca al-qur’an. Karena di sanalah undang-undang kehidupan tertulis.
2.  Hadits
Hadits adalah sumber rujukan kedua setelah al-qur’an. Banyak sekali kumpulan hadits-hadits yang dapat kit abaca, seperti arba’in nawawi. Kita ini cocok sebagai pemula karenamayoritasnya hadits-hadits di sini pendek-pendek dan mudah kita pahami. Ada juga riyadhus Sholihiin, Shahih Bukhari, dan masih banyak lagi.
3.  Ilmu-Ilmu Syar’i
Ilmu syar’I di sini berkaitan agama islam. Seperti tentang fiqih, tafsir, sejarah nabi, akhlak, tauhid, faraidh, dsb.
4.  Buku-buku yang sesuai dengan spesialisasi ilmiah tertentu
Maksudnya adalah buku-buku yang sesuai dengan latar belakang keilmuan kita. Misalnya jika kita berasal dari jurusan fisika maka kita hendaknya juga membaca buku-buku tentang fisika, jurusan ekonomi, maka ia juga hendaknya membaca buku-buku yang menjelaskan ekonomi. Hal itu sangat perlu dilakukan agar keilmuan kita tentang ilmu tersebut dapat terasah dan mendalam, sehingga berguna bagi kehidupan kita dan orang banyak.
5.  Buku tentang sejarah
Kenapa sejarah? Mempelajari sejarah sangatlah pentinga. Kita bisa liha bahwa sepertiga dari al-qur’an adalah sejarah. Dari sejarah kita bisa belajar dari pengalaman, dari sejarah kita bisa mengambil teladan, dari sejarah kita bisa belajar dari masa lalu untuk kepentingan masa kini dan masa depan.
6.  Buku tentang politik
Sudah menjadi rahasia umum bahawa kehidupan ini tidak lepas dari politik. Dari politik kita menentukan pemimpn, dari politik kita bisa mengambil kebijakan untuk kehidupan suatu pemerintahan, dari politik kita bisa memahami gejolak yang terjadi di sekeliling kehidupan kita. Terlebih lagi di masa sekarang yang semakin kompleks. Semua aspek kehidupan dibayang-bayangi dengan bumbu-bumbu politik. Maka membaca buku tentang politik merupakan hal yang sangat urgen.
7.  Buku tentang pendapat orang lain
Buku tentang pendapat orang lain juga perlu kita baca. Meskipun kita berseberangan pendapat, namun dari situ kita dapat belajar kritis dalam menyikapi suatu masalah, dapat belajar memahami pendapat orang dari sudut pandang yang berbeda. Dari kita membaca buku pendapat orang lain kita mendapat referensi yang banyak yang tentunya akan bermanfaat bagi kehidupan kita.
8.  Buku tentang syubhat seputar islam
Buku yang kedelapan adalah tentang syubhat seputar islam. Pada zaman sekarang banyak sekali syubhat-syubhat yang terjadi di kalangan islam itu sendiri. Permasalahan-permasalahan yang membingungkan yang terjadi di kalangan umat islam. Untuk itu kita harus sering membaca perkara-perkara syubhat tersebut berikut pejelasannya agar ketika terjun di masyarakat kita dapat menjelaskan juga mengaplikasikannya.
9.  Buku tentang pendidikan anak
Anak sebagai generasi penerus estate kepempinan bumi, maka sebagai orang maupun calon orang tua harus membaca buku yang berkaitan tentang pendidikan anak. Buku tersebut banyak kita jumpai dengan mudah pada genre psikologi. Di sana banyak sekali kita temukan penjelasan tentang perkembangan anak yang dapat menjadi referensi dalam mendidik anak. Atau tarbiyatul Aulad fil islam (Pendidikan Anak dalam Islam) yang ditulis oleh Abdullah Nashih Ulwan.
10.  Buku tentang hiburan
Sebagai manusia terkadang akan menemui titik kejenuhan atau kebosanan. Jenuh akan sesuatu yang terlalu serius, melelahkan pikiran dan jiwa. Untuk itu, islam juga tidak melarang untuk membaca buku-buku yang berisi hiburan. Hiburan sendiri sangat perlu bai kita sebagai sarana merileks pikiran, menghilangkan kepenatan. Namun yang perlu digaris bawahi buku hiburan tersebut tidak boleh keluar dari koridor islam dan jangan sampai waktu kita terbuang banyak hanya untuk menikmati bacaan hiburan.

Di atas adalah sepuluh buku bacaan yang dianjurkan untuk dibaca umat muslim agar kehidupan kita dapat berjalan seimbang, memiliki pondasi dan pagar agar jalan yang kita tidak terjebak dalam kesesatan.
 
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar