Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Anda= apa yang Anda Baca



Oleh: 
Risalatul Munawwaroh


Membaca, menulis dan belajar merupakan kebutuhan primer bagi umat mana saja yang ingin bangkit, maju dan meningkat. Bacalah sesuatu karena Allah SWT dan semata-mata dalam rangka taat kepada Allah SWT agar bacaan yang kit abaca dapat berguna baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia tidak akan beruntung tanpa ilmu dan di akhirat pun tidak akan beruntung tanpa ilmu.

Seorang pembaca sebaiknya menggunakan prinsip-prinsip pengetahuan sebelum membaca. Ada tiga prinsip terpenting sebelum membaca yaitu prinsip agama, bahasa dan sejarah. Tidak ada alternatif lain untuk mendalami ilmu agama selain dengan banyak membaca buku agama. Ilmu agama merupakan ilmu yang paling mulia, paling agung, dan paling luhur karena berkaitan langsung dengan Allah Rabb semesta alam.

Selain agama seseorang juga harus pandai dalam berbahasa karena orang yang tak mengenal bahasanya belum bisa dikatakan orang terpelajar. Selain itu orang yang tak pandai berbahasa akan amburadul jika ia menerjemahkan bahasa asing ke dalam bahasanya akhirnya ia akan kesulitan dalam menyampaikan pendapatnya ke orang lain. Seseorang juga penting mengetahui sejarah. Barang siapa yang tidak mengetahui sejarah masa lalunya maka ia akan sulit memahami kondisinya sekarangdan sulit mengarahkan masa depannya.

Setelah mengetahui prinsip tersebut, barulah pembaca membaca berbagai jenis ilmu dan pengetahuan, kemudian mengambil spesialisasi bidang yang disenangi, disukai atau yang sangat diperlukan. Alangkah baiknya pula jika pembaca melihat dan membaca persoalan-persoalan akutual yang muncul dalam setiap masa dan waktu.

Dalam setiap bacaan ada masalah yang mesti ditelaah. Hendaknya kita bertanya kepada diri sendiri “sejauh manakah kadar bacaan, perenuangan dan aplikasi dari bacaan yang kita baca? Sesungguhnya segala sesuatu yang kita baca sekarang dan kita amalkan sekarang dalam kehidupan, semuanya akan dihisab. Karena itu, hendaknya kita bertanya kepada diri kita “mengapa saya membaca?”. Semoga Allah SWT berkenan memberikan taufik-Nya kepada kita agar kita dapat megerjakan sesuatu yang dicintai-Nya dan diridhai-Nya dari apa yang telah kita baca.  


Pondok Pesantren Darun Nun 
Bukit Cemara Tidar F3 No 4 Malang
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar