Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

TINGKAT PENDIDIKAN DI DESA YANG MASIH RENDAH


Minggu ,6 Maret 2016

            Kita tahu bahwasannya ekonomi di daerah pedesaan masih tergolong rendah.Hal ini dapat dilihat dari tingkat pendapatan masyarakat ,tingkat pendidikan, tingkat kesehatan dan jenis pekerjaan masyarakat yang  tinggal di daerah tersebut.Contohnya saja di desa saya sendiri, sebuah desa kecil yang berada di kabupaten Jombang.
            Terkadang saya merasa sangat beruntung karena masih bisa menikmati dan menimba ilmu di perkuliahan tanpa dipungut biaya.Di daerah saya sangat jarang sekali ditemukan orang yang berpendidikan tinggi.Hal tersebut disebabkan oleh faktor ekonomi,kebiasaan masyarakat dan pola pikirnya.Alhasil pekerjaan merekapun hanya sebatas pedagang kecil,petani dan kuli bangunan.Mungkin yang bekerja sebagaig guru hanya segelintir orang saja.
Ketika saya pulang ke kampung halaman untuk melepas rasa rindu karena beberapa bulan tinggal di kota orang untuk menuntut ilmu.Saya melihat desa saya yang tak pernah ada kemajuan dalam hal pendidikan dan ekonomi.Saat itu saya berpikir untuk bisa menjadi agen perubahan di daerah saya sendiri.Saya ingin mengubah pola pikir mereka tentang pendidikan terlebih dahulu.Mereka kurang menyadari bahwa pendidikan itu penting untuk masa depan kelak, ketika persaingan dalam segala bidang sudah merambah ke desa-desa kecil.Mereka masih berpikiran bahwasannya pendidikan itu mahal dan mereka belum mampu untuk menyekolahkan anaknya hingga menjadi sarjana.
Pengetahuan mereka akan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah untuk anak-anak yang kurang mampu pun masih minim.Sehingga mereka beranggapan bahwa perguruan tinggi itu sangat tidak mungkin mereka gapai.Hal inilah yang membuat mereka enggan mendaftarkan anak-anaknya untuk kuliah.Dan menyuruh anaknya untuk bekerja saja atau menyuruh mereka menikah di usia dini.
Entah sampai kapan desa-desa kecil di Indonesia dapat maju dengan pesat jika para generasi penerusnya tidak diberikan pendidikan yang tepat yang bisa membawa mereka untuk bersaing di era globalisasi ini.Pemerintah dan kita yang sudah mengerti betapa pentingnya sebuah pendidikan harus berupaya semaksimal mungkin untuk membangun desa yang maju melalui pembangunan fasilitas pendidikan yang murah dan terjangkau bagi masyarakat.Seperti sekolah keterampilan bagi anak-anak yang tidak meneruskan pendidikannya ke perguruan tinggi, pelatihan kerja, lembaga bimbingan belajar gratis dan sebagainya.

 NUR SHOLIKHAH
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar