Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Komunikasi yang efektif diperlukan dokter dalam menangani pasien untuk meningkatkan kepuasan pasien.

Pondok Pesantren Darun Nun Malang


Seorang dokter haruslah mempunyai jiwa yang extra sabar dalam mendengarkan keluhan pasien. Karena pasien itu butuh perhatian butuh kasih sayang butuh akan tanggapan yang serius dari seorang dokter, pasien akan merasa dihargai jika pasien itu didengarkan keluhh kesahnya dikasih masukan oleh dokter tersebut. Keefektifan komunikasi antara pasien dan dokter haruslah terjaga dengan baik agar dalam proses pengobatan pasien tidak merasa tertekan berada dilingkup rumah sakit, dengan begitu pasien merasa tidak tertekan itulah yang membuat mereka betah konsultasi ke dookter yang pintar dalam melakukan komunikasi dengan di pasien. Jika komunikasi itu berjalan tidak berjalan dengan efektif maka hal yang paling ditakutkan adalah akan timbul permasalahan yang kurang baik antara si pasien dengan dokter. Ditakutkan pasien tidak mau menuruti apa yang diakatakan dokter dan tidak mau menuruti aturan medis yang ada. Maka dari itu berbaik-baiklah kepada pasien, karena pasien adalah raja yang sedang dokter layani.

keefektifan dalam berkomunikasi terdapat tingkat komunikasi diantarana mulai dari tingkat pendidikan, tingkat usis, dan kepribadian pasien. Di sini diperlukan juga komunikasi verbal seperti menggunakan kata-kata yang sesuai dengan penerima untuk menghindari salah paham, meningkatkan kemampuan berbahasa, menggunakan bahasa yangs punya arti luas juga menjaga cara dan kecepatan bicara. Dan ada juga komunikasi non verbal sepeti halnya menunjukkan mimik wajah yang bahagia kepada pasien lalu kontak mata dengan pasien bertatapan dengan baik tanpa mengalingkan wajah selanjutnya kedekatan fisik disini seorang dokter dalam mendengarkan konsultasi si pasien posisi tubuhnya jangan terlalu dekat dengan pasien dikhawatirkan pasien akan merasa gugup menjawab pertanyaan yang dilontarkan dokter kepada pasien, ada lagi yakni postur tubuh dapat di baca dengan mengenali suara, cara si pasien duduk, berdiri, dengan mengetahui ini dokter bisa membaca apa yang sedang dialami pasien selanjutnya penampilan, penampilan sangat diperlukan agar pasien nyaman dengan keberadaan kita dan tidak merasa terganggu dengan penampilan yang kurang baik. Bahasa verbal dan non verbal ini juga bisa disatukan guna meningkatkan motivasi pasien dalam melakukan pengobatan.

Di dalam komunikasi itu sendiri dibutuhkan sikap yang ramah kepada pasien, siapapun pasien itu mau jabatannya tinggi, jabatan rendah, kekayaan yang berlimpah, atau si miskin. Dokter seharusnya tidak peduli dengan itu semua karena dokter pekerjaan yang mulia membantu dengan setulus hati tanpa mengharap imbalan yang lebih. Keramahan yang diberikan oleh dokter kepada pasien, pasien akan merasakan kenyamanan tersendiri dan mampu mengurangi kecemasan pasien serta keraguan pasien kepada  dokter.

Kekuatan komunikasi yang baik terhadap pasien akan mampu menciptakan kepercayaan pasien kepada si dokter, serta pasien juga akan mematuhi nasehat-nasehat yang keluar dari perkataab dokter dalam kesembuhan si pasien. Kemampuan dokter dalam berkomunikasi ini berguna sekali dalam menghadapi pasien yang mempunyai berbagai macam karakter dan sifat.

Semoga bermanfaat khususnya bagi dokter.

Nur Alfiyatul Hikmah
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar