Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Kecil-kecil Gemar Membara

 Evi



            Membaca dapat menghantarkan seorang anak menuju dalamnya samudra dan luasnya dunia. Dengan membaca, seorang anak akan terbantu dalam membangun kepribadian dirinya serta membuatnya mampu menyelesaikan berbagai problematika hidup. Beberapa metode yang dapat dilakukan orang tua untuk menjadikan sang anak gemar membaca diantaranya:
a.     Menyediakan perpustakaan di dalam rumah. Orang tua memberikan contoh dengan cara membiasakan membaca dan berinteraksi dengan buku, niscaya sang anak akan mengikuti dan mencontohnya.
b.        Menyediakan buku dan majalah khusus untuk anak.
c.   Memotivasi anak untuk membuat perpustakaan mini pribadi. Orang tua hendaknya membiarkan sang anak untuk memilih buku dan majalah yang diinginkannya dan tidak sekali-kali memaksanya membeli buku atau majalah-majalah tertentu.
d.    Membiasakan membaca secara bertahap. Seorang dapat dapat dilatih menggemari buku secara bertahap, mulai dari mendekatkannya dengan buku bergambar, kemudian buku bergambar dengan sedikit tulisan, selanjutnya dengan buku bergambar dengan tulisan yang lebih banyak dan seterusnya.
e.       Menjaga keinginan anak untuk membaca .
f.        Menyediakan tempat membaca yang kondusif di rumah.
g.       Meluangkan waktu untuk membacakan buku kepada anak.
h.     Memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada. Sebagai contoh, memanfaatkan momen hari-hari besar agama untuk memberikan buku sebagai hadiah. Meskipun sedang bepergian dalam rangka rihlah, namun orang tua tetap dapat mengajak anak untuk berdialog tentang sebuah buku maupun membacakan cerita kepada sang anak.
i.    Memanfaatkan hobi anak agar cinta membaca. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyediakan buku-buku yang sesuai dan tepat, serta majalah-majalah menarik yang berisi hobi dan kegemaran mereka.
j.       Tidak meletakkan televisi di kamar anak, hal ini dilakukan agar sang anak memiliki porsi membaca lebih banyak daripada melihat televisi.
k.     Membuat permainan baca bersama sang anak. Misalnya menuliskan beberapa kata secara terbalik, lalu meminta ia untuk membacanya.  Orang tua dapat menciptakan permainan sendiri untuk menarik minat seorang anak agar gemar membaca.
l.        Memantau kurikulum membaca yang ada di sekolah.
m.    Menumbuhkan budaya baca anak saat sekolah mengadakan rekreasi.
n.     Menumbuhkan budaya baca anak saat di mobil. Meskipun di dalam mobil, orang tua dapat membawakan sebuah buku atau majalah, sehingga kebiasaan membaca tetap terjaga.
o.     Membekali anak dengan buku tentang tokoh-tokoh yang disukainya. Orang tua hendaknya memberikan pengetahuan secara mendalam tentang sejarah Nabi Muhammad SAW.
p.      Membiasakan anak untuk membaca berbagai kiat, misalnya ketika membeli obat, orang tua meminta sang anak untuk membaca kiat menggunakan obat yang biasanya terdapat dalam bungkus obat.
q.     Membekali anak dengan cerita dan majalah-majalah menarik.
r.  Menghidupkan suasana senang membaca pada anggota keluarga, misalnyadengan meluangkan waktu untuk berdialog dan mendiskusikan sebuah buku dengan keluarga.
s.   Mendramakan bacaan. Orang tua dapat memilih salah satu peran dalam sebuah buku kemudian mendramakan bacaanya, hal ini dilakukan agar sang anak merasa nyaman dan senang ketika ia membacanya.
Langkah-langkah di atas dapat diterapkan orang tua secara berproses, karena setiap anak pasti memiliki kegemaran masing-masing. Terkadang seorang anak sangat suka membaca dan adapula anak yang hobinya lebih banyak dipenuhi dengan bermain. Sehingga orang tua harus tetap sabar dalam memotivasi anak untuk cinta membaca.
 

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Bukit Cemara Tidar, F3 No. 4
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar