Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

JANGAN SALAHKAN TUHAN

 
Pernahkah anda merasa kesal ketika masalah datang dalam hidup anda secara bertubi-tubi? Pernahkah anda menyalahkan tuhan saat musibah melanda ? kita sebagai manusia pasti pernah merasakan itu kecuali orang yang  memang benar-benar mempunyai hati dan pikiran yan bersih.Terkadang orang lain ikut menjadi korban akibat kekesalan hati kita, padahal mereka sepenuhnya tak pernah bersalah.Dan akhirnya mereka sakit hati, sehingga tuhan menambah ujiannya untuk kita.

            Memang  terkadang kita tak sadar telah melakukan hal itu, sehingga masalah yang ada bukannya malah terselesaikan tapi malah bertambah dan bertubi-tubi.Tuhan itu memang adil dan tak pernah salah dalam menentukan jalan hidup ini.Dia memberikan cobaan sesuai dengan kemampuan hambanya dan tak pernah sedikitpun cobaan itu merugikan hidup kita.Jika anda pernah memahaminya, maka anda akan tahu betapa berharganya ujian itu untuk kehidupan kita di masa depan.Betapa banyak hikmah yang dapat kita ambil dari musibah atau cobaan tersebut.

            Manusia  kebanyakan memiliki pikiran yang negatif.Tanpa pemikiran yang matang,mereka menyalahkan tuhan, menganggap tuhan tidak adil terhadap dirinya. Menganggap semua masalah itu berat dan tak mampu dihadapinya.Tapi apa buktinya? Semua masalah itu akhirnya dapat diselesaikan ,dan tak ada masalah yang tidak mempunyai solusi, ingat bahwa tuhan selalu memberikan jalan.

            Maka sebagai manusia kita harus menyadari bahwa kita tak mempunyai daya apa-apa tanpa pertolongannya.Jangan asal menyalahkan tuhan karena tuhan itu tidak salah ,melainkan pikiran andalah yang salah.Tuhan itu selalu benar dan adil, tuhan tak pernah berat sebelah.Maka ketika kita sedang ditimpa musibah atau masalah, jangan sekali-kali menyalahkan tuhan dan jangan anda melampiaskan kekesalan anda kepada orang lain.Sungguh anda harus bersikap bijaksana, anda harus mengontrol hati dan pikiran anda.Pasrahkan semuanya kepada tuhan ,percayalah tuhan pasti menunjukkan sebuah jalan yang terbaik untuk hidup anda.




 Nur Sholikhah
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar