Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Benar-benar membaca, membaca dengan benar.

Oleh Dyah Ayu Fitriana

Membaca dengan optimal ternyata butuh beberapa hal yang harus diperhatikan. Dan perkara-perkara tersebut dipaparkan dalam bab ini. Perkara pertama disebutkan yakni kurang sabar ketika membaca dan menelaah buku, banyak orang di luar sana yang tidak sabar dalam membaca, apalagi tidak memiliki semangat dan motivasi yang tinggi dalam membaca sehingga banyak waktu yang dibiarkan sia-sia untuk hal lain dan lemah dalam keilmuan karena kurang sabarnya membaca.


Kurang konsentrasi merupakan perkara kedua yang harus diwaspadai. Banyak orang yang seakan membaca tetapi ternyata hanya membuang waktu saja karena fikiran dan apa yang dibaca tidaklah menyatu. Untuk itu butuh memilih kondisi serta waktu yang tepat untuk membaca agar fikiran dapat terpusat pada apa yang dibaca.

Perkara ketiga adalah tidak adanya sistematika yang benar dalam membaca. Contohnya jika seseorang membaca buku yang berat tidak terlebih dahulu membaca buku sejenis yang lebih mudah difahami, maka dalam prosesnya akan merasa kesulitan, jenuh dan putus asa.

Terakhir yakni harus ada praktek atau action dari apa yang telah dibaca. Mengapa ini penting? Karena ilmu yang didapatkan akan bermanfaat jika disertai dengan amal. Begitupun ilmu tersebut tidak akan mudah hilang jika didasari action.


Buku spiritual reading di bab ini sangat baik dalam hal penulisannya. Walaupun yang dibahas adalah hal berat namun dikemas dalam bahasa mudah dan contoh dekat dengan bahasa sehri-hari sehingga mendengar segera bisa faham apa yang telah dijelaskan. 

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar