Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Bacalah maka dunia digenggamanmu!

Ainur Riza





Sampai saat ini jumlah umat Islam yang mengalami buta huruf (baik membaca dan menulis) menembus angka 37 %. Meskipun prosentase buta huruf ini sangat memprihatinkan, akan tetapi dunia Islam enggan untuk mengalokasikan dana yang besar didalamya. Bahkan mereka hanya mengalokasikan dana pendidikan sebesar 4% dibandingkan dengan keseluruhan jumlah penduduk. Umat tidak akan pernah maju tanpa membaca!.Tak salah kiranya ketika salah satu tokoh Yahudi mengatakan “Kita tidak takut dengan orang Islam, sebab orang Islam adalah umat yang tidak membaca”. Ironis, miris, dan teriris-iris melihat kodisi umat Islam saat ini, bagaimana kita bisa bangkit dan maju jika  tidak bisa membaca.
Bacalah maka dunia digenggamanmu!. Kenapa kita harus membaca? Karena dengan membaca akan membuka cakrawala baru dalam hidup kita. Membaca adalah sarana agar kita tahu dari ketidaktahuan.  Dengan membaca, kita bisa memperoleh dan menghasilkan ilmu dan juga meraih pengetahuan yang tinggi.  Alloh SWT tidak memulai Al-Qur’an dengan kata-kata “belajarlah!”, “menulislah!”, dsb, akan tetapi Alloh SWT memulainya dengan kalimat ” Iqra’ -Bacalah!”. Hal ini mengindikasikan bahwa Alloh SWT mengajarkan kepada kita tentang pentingnya membaca, dari sekian banyak metode untuk belajar, membaca merupakan hal terpenting dalam memulai pembelajaran.  
Membaca, menulis, dan belajar merupakan kebutuhan primer bagi umat  yang ingin bangkit, dan maju. Hal pertama untuk memulai menulis dan belajar yaitu membaca, darimana seseorang bisa menulis dan belajar jika tidak diawali dengan membaca. Maka benarlah ketika Alloh SWT menurunkan wahyu pertama kapada nabi yaitu Iqro,’! karena semua hal itu dimulai dari membaca.  Meskipun membaca adalah masalah yang urgent, ada baiknya memilih bacaan yang baik, berbobot pengetahuan,  agar dapat memberikan manfaat bagi kita. Percuma saja, jika kita hanya membaca bacaan yang tidak ada manfaatnya berjam-jam. Maka bacalah bacaan yang bermanfaat agar tidak membuang-buang waktu berharga kita.
Selamat membaca!
 





Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Bukit Cemara Tidar, Karangbesuki Sukun, Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar