Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

NASIHAT SEORANG GURU

 oleh: Zuhrotul Anwariyah

orang bilang, "hidup itu susah, tidak mudah".
tapi banyak kok pendapat yang bilang bahwa "hidup itu mudah dan jangan dibikin susah".
 wah, jadi bingung mau ikut aliran mana.
tenang saja, pernyataan di atas gak harus dijawab. karena hidup itu komitmen. setiap orang akan berbeda memaknai jalan hidupnya masing-masing. seperti halnya ketika melihat seseorang yang sukses di usia muda. pasti banyak diantara yang lain iri melihatnya. sehingga hal tersebut membuat manusia mengeluh dan berpikir, kenapa hidup orang itu begitu mudah ya? sedangkan aku, kapan bisa sedemikian itu?". padahal, menurut sudut pandang orang yang sukses di usia muda, kesuksesan yang ia peroleh tidaklah mudah untuk dicapai. berulangkali orang tersebut jatuh dan berusaha untuk bangkit kembali.
alhamdulillah, nasihat sederhana bapak Ibn yang merupakan seorang lecture di pagi hari tadi telah membuka mata hati dan kesadaran bahwasanya ketentuan ditetapkan melalui sebuah pilihan dan komitmen untuk menerimanya. dalam hidup selalu ada pilihan dan harus dipilih salah satunya. pernah ketika di usia muda, beliau ditanya oleh gurunya. "manakah yang akan kamu pilih ketika ada 2 permasalahan dihadapanmu? yang pertama, kamu selalu bahagia dalam waktu bertahun-tahun. namun, ketika masa bahagia telah habis, penderitaan menghampirimu. dan yang kedua, kamu menderita selama dua tahun. namun, selebihnya sisa usiamu itu adalah untuk mendapatkan kebahagiaan." (hanya termenung sambil berpikir)
secara naluri, sebagian besar orang akan memilih kondisi kedua. namun, secara rasional, penderitaan dalam waktu sesingkat itu, akan terasa lama dan berat ketika dijalani. karena hidup manusia adalah di dunia nyata, bukan dongeng ataupun khayalan yang dapat dipersingkat.
dari hal tersebutlah terjawab bahwa hidup ini terasa sulit karena kurangnya rasa kesadaran dan kepintaran menghadapi serta menjalani permasalahan dalam kehidupannya. and pak Miftah said: "pintarnya seseorang dapat dilihat dari sejauhmana kepekaannya terhadap lingkungan di sekitarnya". mari mulailah dari sekarang untuk dapat bertanggungjawab atas komitmen yang telah dipilih.

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Bukit Cemara Tidar
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar