Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Sunnah-Sunnah Rasululloh (Part.2)



Pondok Pesantren Darun Nun Malang

Oleh: Ninis Nofelia MPAF
Berwudhu sebelum tidur
Wahai muslim-muslimah terkasih, menurut kalian, apa sebenarnya makna tidur bagi tubuh? Kebutuhan kah? Hanya sekedar melepas lelah kah? Atau hobi kah (hEHE)?
Subhanalloh, ini dalah perkara mubah,dan manusia itu sendiri yang memutuskan, untuk apa tujuan ia tidur. Muslim-muslimah terkasih pasti tak ingin setiap kegiatannya terlewat dengan kehadiran kualitas di dalamnya. Tak hanya kualitas dalam pandangan dunia tapi juga dalam pandangan Tuhannya. Ya.. inilah istimewanya, Allah mengutus manusia terpopuler dan penuh pesona, Muhammad SAW untuk kita contoh kehidupannya. Karena tak ada satupun yang luput dari pesan-pean mendalam dan manfaat yang mungkin belum diteliti atau sudah ditetahui melalui berbagai penelitian baru-baru ini.
Persiapan tidur=Bantal, guling,  kasur?

Pada sunnah-sunnah rasululloh part.1 sudah kita bahas tentang pembersihan tempat tidur sebelum pergi tidur. Nah, sekarang kita kan bahas persiapan tidur selanjutnya, yakni berwudhu sebelum tidur. Mengapa kita harus berwudhu ya? Toh nantinya ketika tidur, batal juga wudhunya. Eiiits… jangan protes dulu, yuk kita simak rahasia dibalik hikmah berwudhu sebelum tidur.
Dalam pandangan ilmiah, manfaat berwudhu sebelum tidur adalah sarana relaksasi otot sebelum kita beristirahat. Ilmu kedokteran telah mengkajinya, bahwa percikan air wudhu mampu mengendurkan otot-otot yang tegang setelah beraktivitas, kemudian wudhu sebelum tidur juga mencerahkan kulit wajah. Karena saat tidur, beberapa sel-sel tubuh kita mengalami regenerasi, terlebih pada kulit, sehingga membasuh anggota wudhu mampu membantu proses regenerasi sel menjadi lebih maksimal.
Tidur dalam keadaan suci= ditemani malaikat? Asyiik…
Al-Imam Ath-Thabrani meriwayatkan dari Ibn Abbas r. a, bahwa Rasululloh Saw. Bersabda:
Sucikanlah badan-badan kalian, semoga Allah menyucikan kalian, karena tidak ada seorang hamba pun yang tidur malam dalam keadaan suci melainkan satu malaikat akan bersamanya di dalam syi’ar, tidak satu saat pun dia membalikkan badannya melainkan satu malaikat akan berkata,’ Ya Allah, ampunilah hamba-Mu ini karena dia tidur malam dalam keadaan suci.” (HR. Thabrani)

Sudah ditemani, lagi dimohonkan ampun, malaikat pula yang mendoakan… Ya Kariim… siapa yang tak ingin dalam keadaan seperti ini??

“Ya Allah, mampukan kami dalam menghidupkan sunnah-sunnah rasululloh dalam setiap aktivitas kami dan jadikanlah kami istiqomah di dalamnya serta berkahilah kami”
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar