Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

HARMONISASI UNGKAPAN HATI

Sebuah huruf tak akan mampu memberikan arti bagi pemaknanya. Dua huruf pun belum tentu membentuk suku kata yang mampu menyusun istilah untuk menyampaikan sebuah makna. Bahkan rentetan huruf yang terangkai dalam sebuah kata dalam bait-bait kalimat pun belum sanggup sepenuhnya mewakili kata-kata yang tersimpan di hati penuturnya.
Sejengkal kiprah jasmani pun merupakan aksi nyata dari petuah hati. Gejolak mata yang menajam adalah satu bukti tindakan yang menyimpan arti.

Terkadang antara hati, ucapan dan tindakan memiliki ritme yang berlawanan. Niat utama adalah untuk menyemaikan kebijakan namun ucapan yang tersampaikan justru menentang, maka pesan hati tak akan tersampaikan. Niat tulus untuk menciptakan kedamaian, namun tak ada tindakan yang ditunjukkan alias diam, maka tak akan ada tercipta keharmonisan.
Hati yang ikhlas akan dengan sabar menuntun lisan dan menggandeng tindakan untuk berhati-hati menyampaikan niat. Ketiganya tak dapat berdiri sendiri. Dibutuhkan sebuah kesempurnaan harmoni antara hati, lisan dan tindakan agar niat itu dapat tersampaikan dari hati seorang insan.

                                                                                                            Evi
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Perum. Bukit Cemara Tidar Blok F3 No.4 Karang Besuki Sukun, Malang
Share on Google Plus

About Halimi Zuhdy

Penulis puisi berbahasa Indonesia dan Arab (sudah 7 Antologi yang ditulis), Penulis buku Pembelajaran Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Arab, Lingkungan Bahasa, dan lain sebagainya. serta terpanggil untuk menjadi Da'i dan mengaji diberbagai pondok di Malang. sekarang menjadi Dosen Tetap UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dengan pembina mata kuliah Sastra Arab Modern, Folklor Arab, Teori Sastra, dan Al-Arabiyah Li Aghrad Khassoh. serta mengajar Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab di Pascasarjana UIN Malang
menjadi Ketua Redaksi Jurnal LiNGUA Humaniora UIN Malang, dan menjadi Khodim Pondok Pesantren Darun Nun Malang.
Pernah belajar di King Saud University dan Menyelesaikan Doktoralnya di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Menjadi Motivator Menulis, Pembelajaran Bahasa dan Sastra.

0 komentar:

Posting Komentar