Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Mengunjungi Taman Surga



Pondok Pesantren Darun Nun Malang

Oleh: Ninis Nofelia MPAF
Siapa yang tak senang bila taman surga didekatkan? Mendengar kata “Surga”, sudah membuat hati tentram, terlebih lagi merasakan keindahannya. Tak perlu jauh-jauh ke akhirat, karena dunia belum kiamat. Tapi Allah mendekatkannya, ya.. mendekatkannya. Di sini, di dunia kita sudah bisa ikut merasakannya.
Dari Anas bin Malik Radhiyallahu’anhu, Rasullulloh SAW bersabda: “Apabila kamu melintasi taman-taman surga, hendaklah kamu berhenti singgah”, para sahabat bertanya “Apa taman-taman surga itu?”, Beliau menjawab, “Majelis Dzikir” (Riwayat at-Tirmidzi).
            Majelis dzikir atau majelis ilmu disebut sebagai taman surga yang telah Allah hamparkan di dunia. Mengapa demikian? Mari kita simak firman Allah:
Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (Qs. ar-Ra’du: 28).
            Subhanalloh, Allah sangat sayang kepada kita. Allah sangat menghendaki hamba-hambaNya yang beriman menjadi tentram hatinya. Tidakkah ketentraman adalah ujung pencarian kita dalam setiap aktivitas atau amalan yang kita kerjakan? Sedangkan setiap aktivitas atau amalan yang benar itu diperoleh dari belajar di majelis ilmu. Misalnya bekerja mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga dengan tujuan agar keluarga hidup bahagia dan tentram. Hal demikian adalah ibadah, namun apabila mencari nafkah dilalui dengan jalan korupsi ataupun dengan jalan lain yang Allah tidak meridhoi-Nya, mungkinkan hati menjadi tentram? Bayang-bayang dosa menghantui, keberkahan rezeki tak diberi, yang bahkan mungkin berakhir masuk bui, naudzubillah. Menderita di dunia hingga ke akhiratnya. Tentu bukan demikian yang Allah inginkan menimpa hamba-hambaNya yang beriman. Oleh karenanya sangat penting sekali bagi kita untuk menuntut ilmu tentang kebenaran, sehingga kita tahu manakah yang halal dan manakah yang haram, kita tahu bagaimana cara bermuamalah yang benar, bagaimana cara sholat yang benar, bagaimana cara membaca Al-Quran yang baik dan benar, serta berbagai ilmu Allah yang menghantarkan kita kepada kemaslahatan di dunia sampai ke akhirat kelak.
            Karena itulah majelis dzikir atau majelis ilmu oleh rasululloh disetarakan dengan taman-taman surga. Karena manfaatnya yang luar biasa. Semoga Allah meringankan langkah kita untuk menikmati indahnya taman-taman surga di dunia sehingga dapat menuai berkah darinya. Bahagia di Dunia sampai di Akhirat-Nya.

Menuntut ilmu adalah taqwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah dzikir. Mencari ilmu adalah jihad.
(Imam Al-Ghazali)
Robbanaa aatiinaa fiddunya hasanah ..
wa filaakhiroti hasanah waqinaa adzaabannaar..


Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar