Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Mencapai Surga Terselubung ala 242



 
Gambar 10.4 Pesona keindahan Coban Slimpring Kabupaten Malang


Ketika manusia berbicara tentang alam, sudah menjadi jaminan bahwa akan terasa sukar untuk menemukan dimanakah titik jedanya. Sama halnya ketika berkunjung ke suatu tempat yang nyatanya masih sepi dan terselubung dari pusat perhatian para pengeksplor alam di sekitar Malang Raya, Coban Slimpring namanya. Dikatakan terselubung dikarenakan lokasi yang hingga saat ini belum banyak diketahui umum.
Keberadaan air terjun yang terletak di Dusun Tangkil Desa Pait Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang ini menjadi ajang eksplorasi lingkungan bagi 11 mahasiswa KKM 242 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bersama puluhan warga setempat. Perjalanan yang memakan jarak kurang lebih 4 kilometer ini hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari pusat Dusun Tangkil yang berada di kawasan pegunungan Desa Pait. Hamparan sungai, persawahan, bahkan hutanpun menjadi area yang mau tidak mau harus dilalui demi sampai di tempat tujuan. Berlari, mendaki, merangkak, hingga masuk ke dalam anak sungai adalah bentuk tantangan yang dilakukan satu persatu calon pengunjung. Tidak jarang ketika jalan penghubung terputus, maka para rombongan harus berupaya membangun jembatan dengan kayu pepohonan yang ada.
Hal – hal lain terkait kondisi perjalananpun tidak dapat dihindari. Sebelum tiba di lokasi, seringkali ditemukan beberapa jenis tanaman beracun yang harus diwaspadai. Tanaman ini umumnya tumbuh meliar di bagan jalan yang melingkupi area hutan, sehingga menghalangi gerak para pejalan kaki. Maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkan alat pangkas tanaman sebelum memulai perjalanan.

Gambar 10.2 Suasana kebersamaan selepas bekerja bakti bersama

Namun jangan heran ketika sudah menginjakkan kaki di lokasi, tentu tidak kalah eksotis bila dibandingkan dengan air terjun lain. Dedaunan yang tumbuh di depannya seakan menyerupai hamparan kebu teh yang menghijau. Pemandangan dan hawa kesegaran yang ditularkanpun mampu memberikan ketenangan layaknya surga. Keunikan lain yang dapat ditemui di tempat ini adalah pengunjung juga dapat menjumpai golongan spesies udang sungai yang warnanya begitu menarik perhatian. Warna merah merona yang dihasilkan dari masakan yang diolahpun mampu membangkitkan selera makan setelah lelah bekerja bakti bersama.
Jika akhir pekan tiba, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mendatangi air terjun yang satu ini. Ada baiknya pula untuk mengajak warga sekitar agar senantiasa selamat sampai tujuan. Gratis! Selamat Mencoba.







Indah Nurnanningsih
Bukit cemara Tidar F3 - 4
Pondok Pesantren Darun Nun Malang
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar