Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Renungan Malam




Ketika kita berfikir, ada banyak hal yang perlu kita renungkan, terlebih mengenai penciptaan alam semesta ini.  Penciptaan yang luar biasa, semakin kita merenungkan semakin tiada henti-hentinya nikmat allah yang telah di limpahkan untuk kita hambanya. Salah satu penciptaan allah yang perlu kita renungkan ialah pergantian antara siang dan malam. Allah telah menfirmankan hal ini dalam ayat al-qu’an:  “Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan.” (QS. Yasiin, 37). Pergantian antara terbitnya fajar, tenggelamnya senja, hingga gelappun tiba, merupakan nikamat yang luar biasa yang perlu kita syukuri. Allah hilangkan cahaya hingga langitpun gelap dengan perlahan-lahan mulai terjadinya pagi beralih siang serta sore beralih malam. Hal ini menjadikan manusia terbiasa dengan pergantian terang menjadi gelap dan gelap menjadi terang. Sehingga manusia tidak terkejut ketika mendapati malam dengan penuh kegelapan.
Allah ciptakan malam agar manusia dapat beristirahat dan siang agar manusia dapat bertebaran di muka bumi ini untuk mancari penghidupan untuk memenuhi kebutuhan dirinya beserta para
keluarganya. Allah telah menfirmankan hal ini dalam ayat al-qu’an: “ Dan kami jadikan tidurmu untuk istirahat,  Dan kami jadikan malam sebagai pakaian, dan kami jadikan siang untuk mencari penghidupan.” (QS. An-Naba’,9-11.) Kita tak bisa bayangkan jika hari  tanpa malam dan begitupun sebaliknya jika hari-hari kita tanpa adanya siang. Mungkin manusia tak akan mampu bertahan hidup, aktivitas akan terkendala dan bisa jadi kehidupan dunia pun akan berakhir. Namun allah maha kuasa, allah menciptakan keadaan, keseimangan, dan sistem yang diperlukan untuk malam dan siang. Sehingga kita masih dapat bertahan hidup sampai  detik ini. Dan hanya kuasa allah yang sanggup mengatur hal yang sedemikian luar biasa ini. Kita sebagai manusia wajib bersyukur atas semua nikmat yang selama ini telah allah limpahkan tanpa henti. Dan semoga kita termasuk golongan orang-orang yang tiada jenuh mensyukuri segala nikmat yang allah berikan.


                                                                                                                                                
 By. Nilatul Mufarrihah
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar