Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.
Pondok Pesantren Darun Nun Malang


"Haram" of Investment



Tugas UAS sudah di depan mata, senin adalah UAS pertama dan banyak take home (tugas yang dikerjakan diluar kelas) yang harus diselesaikan.
Tiba-tiba ada sms masuk
“mbk, saldo sudah bertambah,,silahkan mau diambil kapan???”
pertanyaaan dari pialang yang menjalankan uang saya dalam bisnis ini.
Segera sms itu saya balas
“Iy ms,,nanti segera saya cek ”.
beberapa jam setelah itu saya  langsung ke bank dan mengecek saldo ATM, ternyata benar. Saldo dalam AT M saya bertambah sekian persen dari yang telah saya investasikan dalam waktu satu bulan ini.

Sedikit cerita,  waktu saya gabung dengan investasi ini ingin berontak dalam hati dengan berbagai alasan. Dalam investasi ini tak ada untung rugi,  untung terus  bahkan dalam waktu sekian bulan uang akan bertambah sekian persen sesuai dengan kesepakatan awal.
karena saya masih belum faham antara investasi yang diperbolehkan dan yang tidak dibolehkan dalam islam (halal/ haram) saya pun investasi di tempat tersebut. Dalam waktu satu bulan uang saya dengan otomatis bertambah, untuk sistemnya pun dijalankan oleh si pialang, saya hanya terima jadi, awalnya saya ditawari untuk menjalankan sendiri tapi saya menolak dengan alasan tidak paham.

Suatu hari  setelah saya mengambil uang dari ATM hasil saya investasi tepatnya hari jum’at, badan terasa panas dan semua sendi lemas seperti tak punya daya buat berjalan. Ditambah dengan banyak tugas yang masih berputar-putar dipikiran karena belum satupun tugas kampus yang saya kerjakan, semakin lemas badan saya,,hehe.
yang lebih penting lagi,  Ini adalah pertama kali saya sakit selama satu tahun terakhir ini. Padahal awalnya masih sehat-sehat saja, paginya masih kekampus, masih bisa join di kelas, ke perpustakann dsb. Tapi sorenya, ya itu tadi badan lemas sampai saya minta izin tidak bisa ikut ngaji.
esok harinya saya meminta salah satu mbak pndok untuk mengantar ke klinik . 
“tidak ada penyakit serius hanya kecapek an saja”, itulah penjelasan dari bu dokter.
setelah diberi resep obat dan menebus obat dibagian depan klinik betapa terkejutnya saya.
tahukan anda berapa jumlah keseluruhan biaya yang harus saya bayar untuk periksa dan menebus obat?????
nominalnya sama persis dengan  keuntungan yang saya dapat dari investasi yang saya ikuti.

subhanallah, beginilah cara ALLAh mengingatkan saya.

HARAM ya jangan diikuti
HARAM, jangan mengadakan berbagai alasan untuk meng HALAL kannya
HARAM, untuk saya imbasnya alhamdulillah masih berupa kesehatan yang bisa disembuhkan. Kalau imbasnya ke yang lain??KELUARGA( ANAK, IBU/BAPAK), KEIMANAN, KEHARMONISAN dg orang yang kita sayang?? NA’UDZUBILLAH.

INTINYA, hati-hati kalau ber investasi,,,cari tahu sedetil-detilnya, entah sistemnya, produknya, atau benar-benar telah dihalalkan oleh lembaga yang berwenang atau belum. 
Kalau HARAM jangan sampai disentuh ataupun didekati, terlebih lagi bergabung. INNALILLAH



ini cerita nyata!

Semoga bermanfaat & temen-temen bisa mengambil hikmahnya
aamiin yaa robb




by: laila_nadzifa



Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

1 komentar:

  1. Sangat suka ini :) semoga bisa invest di tempat-tempat yang halal. ajarin mbak nad :)

    BalasHapus