Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Buka Bersama, Yuk...



Bukit Cemara Tidar (BCT) Karangbesuki, Malang, menggelar kembali acara pengajian dan buka bersama. Kegiatan ini bersifat umum dan dilakukan setiap hari Minggu, mulai dari pukul 15.30 WIB hingga selesai. Memasuki minggu ke-2 di bulan Ramadhan, warga BCT tetap semangat dan antusias dalam mengikuti acara ini. Acara ini berjalan dengan lancar atas dukungan pegurus masjid dan santri Pondok Pesantren Darun Nun (santri DN) yang turut membantu membagikan takjil kepada jamaah.
            Acara pengajian dan buka bersama rutin mingguan warga BCT mengambil lokasi di Masjid Baiturrohman yang terletak di tengah pusat perumahan kawasan BCT. Acara ini membawa dampak positif untuk warga, tidak semata untuk memberikan makanan bagi yang kurang mampu, namun esensi sesungguhnya yakni untuk memperkuat tali silaturrahmi, serta menanamkan jiwa ukhuwah islamiyah antar warga BCT, terang Fitri, salah satu jamaah Masjid Baiturrohman.
            Mauidzoh hasanah yang disampaikan oleh ustadz Abdul Aziz Husain  yang dingin dalam jiwa dan menyejukkan hati, mengiringi perjalanan detik waktu menuju saat berbuka puasa. Nasihat yang disampaikan oleh ustadz Abdul Aziz Husain menambah keimanan, semangat, serta menghilangkan rasa dahaga dan lapar para jamaah. Di samping suasana pengajian yang menghibur, suara canda gurau anak-anak kecil di luar masjid terdengar dan membuat suasana semakin hidup.
            Ketika menjelang adzan maghrib, nampak para pengurus masjid dan para santri Darun Nun mulai menyiapkan takjil di serambi masjid. Pengajian pun segera di akhiri dan para jamaah menuju tempatnya masing-masing, karena penempatan buka bersama untuk jamaah laki-laki dan perempuan dibedakan.
Ketika adzan maghrib dikumandangkan, warga melaksanakan buka secara bersama. Kemudian, sepuluh menit setelah adzan maghrib, para jamaah melaksanakan sholat maghrib berjamaah. Acara buka bersama dilanjutkan kembali dengan pembagian nasi kotak kepada jamaah. Setelah acara selesai, para jamaah berjabat tangan dan saling merangkul. Disinilah terlihat kekompakan dan kerukunan warga BCT dalam mengikuti berbagai jenis kegiatan yang diselenggarakan di kawasan BCT, utamanya dalam acara pengajian dan buka bersama setiap hari minggu ini. Begitulah ramadhan, bulan berkah yang menyatukan umat islam dengan bersabar akan nafsunya, dan bersyukur atas setiap rezeki yang didapatinya.

Zuhrotul anwariyah 
at bukit cemara tidar 
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar