Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

RUMUS QALBU, AKAL DAN NAFSU

Qalbu, Aqlu, dan Nafsu.
Tiga hal yang dimiliki setiap insan, yang memang inilah yg membuat manusia dimulyakan *jika bisa
melatih dan mengatur ketiganya.
Rumusnya: Q = A >< N
Qalbu (berbanding lurus dg) Akal (Berbanding terbalik dg) Nafsu
Hatinya semakin hidup, akalnya semakin terasah, dan nafsunya semakin terkendali. Kalau Nafsu semakin dituruti (gede), Akalnya merosot, dan hatinya gelap.

contoh kasus
Mr x : kenapa ya aku kok sms an sama cewek, sebulan rutin aja lama2 suka terus pacaran.
Nah ya itu tuh nafsu, kalo dilatih tambah menggebu. kalo diturutin nih, mintanya tambah ini itu. gak ada puasnya.
Terus ceritanya dia pulang habis makan bareng pacar barunya.
Mr x: Sebenarnya gimana ya ini.. aku dah terlanjur pacaran. iya tahu klo islam ga membolehkan, tapi gimana lagi yaa.. pacarku cuantik eh. eman.
astaghfirullah.. maafin ya allah maafiiiiin banget.

(tuh akalnya tahu, tapi nafsunya
gamau tahu)
Esok harinya jam 8 lah gitu ada sms dari pacarnya
Si cwek: Keluar bareng yuk.. kiki emotikon
Mr x : (bingung, soalnya kmren dia abis istighfar. Hpnya dibolak balik akhirnya di bales juga) Okay deh, aku jemputnya kiki emotikon
Wess.. Kalah wes hatinya gelap.
Nah emang gitu cara kerjanya. Sesuai Rumus QAN tadi.
Beda kalau org yang hatinya terus yg dihidupin. Contoh nyatanya
Nabi Yusuf ketika digoda oleh Zulaikha.
Ketika zulaikha mengoodanya maka Nabi yusuf menjawab : Lindungilah hamba ya Allah.
ini kan jawaban dari hati. Padahal zulaikha adalah wanita tercantik saat itu, bukannya tak ada rasa tertarik oleh nabi yusuf. beliau manusia, manusiawi jika ada sedikit 'rasa. namun hatinya lah yang hidup dg selalu berharap dan takut padaNya.
lalu keluarlah kata yg bersumber dari akal. "Suamimu adalah sebaik2 org yg memberi tempat untukku. tidak mungkin aku berlaku spt ini"
nah itulah. Akal pun hidup dg jernih. maka kalahlah Nafsunya.
Semoga Ramadhan menjadi tmpt pelatihan menahan nafsu bagi kita. serta menghidupkan hati dan akal. aamiin smile emotikon
‪#‎Oleh‬-oleh dari kajian ma'dubatullah di rumah ust Yahya.

Dyah Ayu Fitriana
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar