Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Rindu, lantunan Al-Quran sang Guru

Pondok Pesantren Darun Nun Malang
oleh: ninis nofelia mpaf



Allah…
Turunkan rahmat Quran…
Jadikan Al-Quran petunjuk kebenaran…
Sebuah lagu yang ikut membuka acara pelatihan pengajaran metode ummi di masjid Baiturrahman. Membuat hati basah mengucur tetesan kerinduan, entah apa. Antara kesedihan dan kebahagiaan yang teraduk-aduk. Ya Allah… terimaksih kau hadirkan aku di tempat ini…
Mengkaji ilmu-Mu, yang nantinya kan diteruskan pada yang lain.
Tiba-tiba, aku merindukannya… sosok sederhana,tegas nan penyayang. Para guru Quran kami, dengan sabar mengajarkan huruf demi huruf hingga kini merasakan nikmat membaca kalam-Mu. Meski belum menggunakan metode-metode tersistem, modern nan mahal. Iqra hitam hingga Quran menjadi pegangan. Hanya mengulang-ulang, setiap menemui suatu hukum bacaan, cara pelafalan yang benar, dengan sabarnya beliau menjelaskan, berulang-ulang, setiap sore, setiap hari.
Setiap melihat meja-meja pendek dalam kelas itu, aku teringat kala kami mengulang-ulang bacaan yang nantinya akan beliau periksa benar-salahnya.ya.. di atas meja-meja pendek itu, kami meletakkan Quran, kemudian maju satu persatu menunggu giliran untuk membacanya di hadapan beliau. Masih teringat wajah beliau yang membenarkan bacaan kala kami tak letakkan bacaan pada tempat semestinya. Ketuk-ketuk mejanya yang mengingatkan panjang-pendeknya. Ibu.. aku merindukanmu…
Bu.. kini aku duduk di tempat engkau duduk dahulu, sambil menyimak dan mendengar bacaan anak-anak seumuranku kala itu. Adakah aku bisa sesabar dirimu, adakah aku setegas dirimu, adakah aku bisa sesayang dirimu, hingga kuat mengakar dalam ingatan mereka, tuk melantunkan Quran dengan benar dan indah. Dengan menjaga hak-hak di setiap hurufnya.

Ya Allah… sayangilah guru-guru Quran kami… cukupkanlah kebutuhannya dan bahagiakanlah mereka di dunia hingga akhirat. Jadikanlah kami anak-anak didiknya sebagai wasilah untuk mengalirkan pahala jariyah pada orang tua kami juga pada beliau-beliau yang mengajarkan ilmunya pada kami.
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar