Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Do'a Anak Jalanan by Ma'mun Affany


Sahabat,, siapa yang tak mengenal Ustadz Ma'mun Affany, alumni PP Modern Darussalam Gontor ini adalah penulis novel yang luar biasa. Untaian katanya yang begitu memukau, penuh dengan hikmah yang bisa diambil untuk kita ambil pelajarannya. Alhamdulillah, hari selasa kemarin bisa bertemu langsung dengan beliau di Home Teater Fakultas Humaniora dan Budaya UIN Maliki Malang. Acara yang diselenggarakan oleh LDK Attarbiyah ini dihadiri oleh banyak sekali mahasiswa dari berbagai jurusan, yang mengusung tema tentang peduli anak jalanan. Dimana acara ini juga di hadiri oleh Griya Rumah Baca Malang dan Save Child Malang, yaitu merupakan organisasi pemuda yang bergerak dalam bidang sosial yang sangat peduli terhadap nasib anak jalanan. Subhanallah, mereka adalah pemuda luar biasa yang patut kita contoh. Semoga adik-adik bangsa yang terus memiliki semangat yang tinggi untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Dalam acara ini, Ustadz Affany membedah novel beliau yang berjudul Do'a Anak Jalanan . Beliau terinspirasi dari serpihan serpihan perjalanan beliau selama di bis. Betapa banyak anak jalanan yang sudah harus membanting tulang demi sesuap nasi. Lalu pertanyaan kita, bagaimana sekolahnya?bagaimana belajarnya? jika dari pagi sampai petang hanya sibuk mengamen di pinggir jalan, dimana orang tua mereka?. Ini menjadi pertanyaan yang terus menghantui sehingga muncullah maha karya ini. 

Negeri kita yang tercinta ini, banyak sekali nasib anak bangsa yang harus diselamatkan. Mungkin bagi kita mudah sekali menggapai semua yang kita ingin, belajar tinggal belajar, tanpa harus membanting tulang seperti mereka. Tentu kita harus banyak bersyukur bahwa kita diberikan kesempatan luar biasa untuk banyak menimba ilmu. Sedangkan di luar sana ada banyak sekali orang yang tak sekolah. Maka disinilah sangat pentingnya kepedulian kita terhadapsesama. Kita perlu merangkul mereka untuk mengajak bersama-sama melakukan usaha yang lebih baik untuk menggapai masa depan yang cerah. Membimbing dan menyemangati mereka bahwa setiap orang punya kesempatan yang sama untuk menggapai mimpinya, karena siapapun di dunia ini pasti punya impian. 

Menarik sekali acara kemarin, menggugah hati kita untuk terus bersama-sama peduli terhadap sesama. Tak ada yang kaya dan yang miskin. Mulianya seseorang dihadapan Allah karena takwanya ,bukan karena yang lain. Man jadda wa jada..Man shobaro dzofiro,,barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil dan barang siapa yang bersabar pasti akan beruntung. Ini harus menjadi kekuatan kita ketika berjuang. Tanamkan dalam hati bahwa SAYA BISA. itulah yang disampaikan ustadz ma'mun affany menutup sharing dan belajar kita pagi itu. Semoga menjadi inspirasi untuk terus berusaha berkarya lebih baik lagi.

Izzati Ruba'ie
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar